Home KOTA KOTA MANADO PEMKOT MANADO Serapan Anggaran Rendah, Sekda Peringatkan Perangkat Daerah

Serapan Anggaran Rendah, Sekda Peringatkan Perangkat Daerah

0
0
2,225

Realisasi anggaran Pemkot Manado sampai 31 Maret 2017 baru 10% dari total APBD sebesar Rp1,564 triliun.

CELEBES NEWS – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado Drs Rum Dj Usulu memperingatkan perangkat daerah di Kota Manado agar tidak berada di posisi terbawah dalam penyerapan anggaran. Hal itu dikatakan Sekda mewakili Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut saat membuka Rapat Pimpinan (Rapim) laporan Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (EPRA) Perangkat Daerah di jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, Rabu (19/04/2017) siang tadi.

Dalam kegiatan di Ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado tersebut, Sekda menyatakan, Rapim EPRA merupakan bagian dari pembinaan dan monitoring pelaksanaan kegiatan pembangunan di Kota Manado. Kegiatan ini dilakukan oleh Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) Kota Manado.

“Demi efektivitas pencapaian target realisasi anggaran 2017, penting bagi kita sekalian untuk mengevaluasi pelaksanaan program dan kegiatan setiap perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Manado sampai dengan Maret 2017,” ujar Usulu.

Data Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Manado menunjukkan, realisasi anggaran Pemkot Manado sampai 31 Maret 2017 adalah 10,10% dengan serapan anggaran sebesar Rp157,9 miliar. Padahal, total Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Manado sebesar Rp1,564 triliun.

“Capaian ini tergolong rendah mengingat saat ini kita telah memasuki triwulan ketiga,” tandas Sekda. Karenanya, dia meminta perangkat daerah untuk meningkatkan kinerja demi kelancaran proses pembangunan dalam mewujudkan Kota Manado yang cerdas, maju dan sejahtera.

“Apa yang menjadi kendala dan kekurangan pada proses realisasi yang lalu, dapat kita pahami bersama untuk kemudian dijadikan sebagai pelajaran agar kita semakin pandai dan bijaksana dalam tugas dan tanggung jawab,” tandas Sekda Usulu.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Asisten III Frans Mawitjere SH, Kepala BPK-AD Drs Manasar Panjaitan, dan Kabag Pembangunan Stery Akay ST. [©-jme/ton]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

DPRD Kota Manado Gelar Rapat Paripurna Bersama Pemkot

MANADO, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado menggelar rapat paripurna bersam…