Home KAWANUA KAWANUA MANADO Peduli Jantung, Pemkot Manado Ajak Olahraga Rutin

Peduli Jantung, Pemkot Manado Ajak Olahraga Rutin

0
0
2,061

Pengurus Yayasan Jantung Indonesia Kota Manado diharapkan dapat membantu mengurangi tingkat kematian akibat penyakit jantung.

CELEBES NEWS – Pelantikan pengurus Yayasan Jantung Indonesia Cabang Kota Manado dilakukan Ketua Utama Yayasan Jantung Indonesia Provinsi Sulawesi Utara dr Kartika Devi Kandouw Tanos. Acara ini juga dihadiri Wakil Walikota (Wawali) Mor Dominus Bastiaan SE, mewakili Walikota. Pelantikan dilakukan di Ruang Serbaguna, Kantor Walikota Manado, Rabu (19/04/2017) pagi.

Wawali menyatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado sangat peduli terhadap kesehatan jantung. Dia pun mengajak warga Kota Manado untuk rutin berolahraga karena penyakit jantung adalah penyakit pembunuh nomor satu di dunia.

“Kami sangat mendukung program-program kesehatan. Kegiatan senam bersama yang dilakukan tiap Jumat di lapangan Sparta Tikala, dengan agenda senam jantung sehat. Pemerintah akan membantu semaksimal mungkin,” ujar Wawali.

Wawali melanjutkan, untuk mendukung program kesehatan jantung, Pemkot Manado akan menyediakan fasilitas ruangan bebas asap rokok. Penyiapan ruangan ini dikoordinasikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado Drs Rum Dj Usulu. Pemkot juga akan menyusun draft Peraturan Daerah (Perda) Kawasan Bebas Asap Rokok di Kota Manado.

Mor berharap, pengurus Yayasan Jantung Indonesia Kota Manado dapat membantu mengurangi tingkat kematian akibat penyakit jantung. “Atas nama Pemerintah Kota Manado, saya menyampaikan selamat atas dilantiknya pengurus Yayasan Jantung Indonesia cabang Manado,” ujar Wawali.

Pengurus Yayasan Jantung Indonesia Cabang Manado Periode 2016-2021 diketuai Imelda Bastiaan Marcus SE, yang juga isteri Wawali. Pelantikan dilakukan oleh Ketua Utama Yayasan Jantung Indonesia Provinsi Sulawesi Utara dr Kartika Devi Kandouw Tanos.

Kartika Devi, isteri Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw, menegaskan bahwa klinik jantung sehat dan klinik jantung remaja akan dimaksimalkan. “Ada juga pemberian bantuan biaya operasi bagi anak-anak yang menderita kelainan penyakit jantung dari keluarga yang kurang mampu. Jaga jantung karena jantung selalu berdetak detik demi detik,” pesan dr Devi.

Ketua Yayasan Jantung Indonesia Cabang Manado Imelda mengajak masyarakat Kota Manado untuk berperilaku hidup sehat serta menjaga kesehatan jantung. “Sadar akan hidup sehat membantu menurunkan tingkat kematian dan kesakitan. Sadar untuk tidak merokok, berolahraga, jaga pola makan, berusaha  mencegah penyakit jantung dengan menciptakan sumberdaya manusia yang berkualitas,” ucapnya.

Imelda meminta pengurus agar dapat memperkuat keakraban, bekerja secara tekun dan profesional, serta menciptakan tempat kerja yang aman dan nyaman. Hadir pula Sekda Kota Manado Drs Rum Dj Usulu, para asisten, kepala perangkat daerah, camat, dan lurah se-Kota Manado. [©-jme/tan]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Pelantikan Komisi BIPRA GMIM di Kantor Sinode GMIM

MANADO, Penatua GS. Vicky Lumentut  yang juga Wali kota Manado diteguhkan sebaga…