Home GORONTALO KOTA GORONTALO PEMKOT GORONTALO Walikota Gorontalo Sangat Serius Larang Peredaran Miras

Walikota Gorontalo Sangat Serius Larang Peredaran Miras

0
0
1,962

Ranperda minuman beralkohol kembali dibahas. Dengan sanksi hukum yang dipertegas, tidak akan ada yang tidak berani berjualan minuman keras.

CELEBES NEWS – Walikota Gorontalo Marten Taha sangat serius memerangi peredaran minuman keras (miras) di seluruh kota. Larangan berlaku bukan hanya bagi penjual eceran di pinggir jalan namun juga di hotel-hotel. Walikota memilih mempertegas sanksi hukum agar tidak ada lagi celah penjualan miras.

Secara pribadi, Marten sangat serius memerangi peredaran miras. Meskipun lama tinggal di Manado, Marten tak pernah mengenal miras. Masa remajanya habis di bangku sekolah. Marten juga dikenal religious serta santun dalam berucap dan bersikap.

Menurut Yudin Laliyo selaku Jubir Walikota, Marten bersikap lebih keras dan tegas dalam melarang peredaran miras. Sejak 2012, Kementerian Hukum dan HAM sudah meminta Pemkot untuk merevisi Perda Miras. Marten dengan tegas mengharamkan miras masuk Kota Gorontalo dan menyatakan perang terhadap miras. “Kita akan sangat serius memerangi miras,” ujar Yudin Laliyo mengutip kalimat yang diungkapkan Marten.

Marten memilih memerangi miras dengan mempertegas sanksi hokum sehingga tidak ada yang berani berjualan miras. “Revisi itu bukan penghapusan,” tegas Yudin.

Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang minuman beralkohol kembali dibahas dalam rapat internal eksekutif Pemerintah Kota Gorontalo, Jumat (07/04/2017). Rapat dipimpin Asisten I Setda Kota Gorontalo Deddy Kadullah. Berbagai pembahasan digulirkan. Perda baru dimaksudkan untuk mempertajam dan mempertegas aturan sebelumnya agar Kota Gorontalo bebas miras.

Perubahan mendasar adalah perubahan kata Larangan menjadi Pengendalian. “Pengendalian lebih luas cakupannya daripada pelarangan. Dalam pengendalian, selain mencakup unsur pelarangan, juga mencakup unsur sanksi yang cukup berat,” papar Kepala Bagian Hukum Setda Kota Gorontalo Hj Siti Dahlia Syarief SH MH seperti dikutip sejumlah media. [©-ris/ton]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Pemkot Gorontalo Genjot Pembangunan Bersumber DAK

Gorontalo, Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo, Provinsi Gorontalo, terus menggenjot pening…