Home PROVINSI SULUT PEMPROV SULUT Menuju Sulut Sehat, Pemprov Aktif Cegah Penularan Penyakit TB

Menuju Sulut Sehat, Pemprov Aktif Cegah Penularan Penyakit TB

0
0
2,207

Pada 2016, tuberkulosis di Sulut mencapai 5.297 kasus. Pemerintah memberikan perhatian penuh.

CELEBES NEWS –  Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara terus melakukan langkah-langkah pencegahan penularan penyakit tuberkulosis (TB) mulai dari puskesmas, rumah sakit, serta beberapa organisasi dan LSM. Komitmen membangun Sulut Sehat terus digalakkan agar masyarakat sehat.

“Pemerintah berkomitmen membangun Sulut Sehat. Langkah pengendalian peningkatan mutu pelayanan terus dilakukan, mulai puskesmas sampai rumah sakit. Pemerintah juga bermitra dengan berbagai organisasi dan instansi,” ujar  dr Debie KR Kalalo MSc PH pada acara talkshow  memperingati Hari TB se-Dunia dan peringatan Hari Kesehatan se-Dunia di Aula Dinas Kesehatan Provinsi Sulut, Jumat (07/04/2017) pagi.

Menurut Debie, pemerintah juga memberdayakan masyarakat melalui pelatihan-pelatihan yang mengarah pada pencegahan dan pengendalian tuberculosis. Kasus TB di Sulut pada 2016 mencapai 5.297 kasus. Jumlah yang besar ini menjadi perhatian serius pemerintah.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Sulut dr Steven Dandel menambahkan, sangat penting melakukan deteksi dini penyakit akibat bakteri yang menyerang paru-paru. Jika dibiarkan, pada tahun kedua penderita akan meninggal karena kerusakan masif di paru-paru.

“Kriteria-kriteria orang yang dapat terindikasi TB adalah batuk lebih dari dua minggu, sering berkeringat pada malam hari, serta berat badan terus menurun karena hilangnya nafsu makan”, jelasnya. [©-khy/ton]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

ODSK Rombak Kabinet “Sulut Hebat” Pekan Depan

MANADO, ODSK dipastikan akan merombak kabinetnya pekan depan. …