Home CAKRAWALA EKONOMI April 2017 Inflasi Sulut Berada di Level Rendah

April 2017 Inflasi Sulut Berada di Level Rendah

0
0
2,135

Komitmen Bank Indonesia dan Pemerintah Daerah Dalam Memperkuat Pengendalian Inflasi Tahun 2017

CELEBES NEWS – Kantor Perwakilan Bank Indonesia melalui Direktur nya Soekowardojo menyampaikan pers realease,  Memasuki April 2017, Bank Indonesia memperkirakan tekanan inflasi Sulut akan berada di level rendah bahkan membuka peluang terjadinya deflasi. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh masuknya masa panen tabama serta prakiraan membaiknya pasokan Barito yang ditandai dengan mulai terjadinya koreksi harga sejak minggu terakhir bulan Maret 2017.

Bank Indonesia memandang realisasi inflasi yang cukup tinggi pada triwulan pertama di tahun 2017 patut mendapat perhatian dari semua pihak. Upaya pengendalian inflasi pangan perlu terus diperkuat mengingat besarnya tekanan dari kelompok administeredprice di tahun 2017.

Pemerintah daerah dan Bank Indonesia berkomitmen untuk memperkuat pengendalian inflasi di tahun 2017. Pada Maret 2017, beberapa rapat koordinasi telah dilaksanakan untuk menetapkan langkah pengendalian inflasi pada tahun 2017 melalui penetapan program kerja TPID Sulut 2017 yang mengacu pada Road Map Pengendalian Inflasi Sulut 2016-2019. TPID Sulut juga telah berkomitmen untuk memperkuat kerjasama dengan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) untuk memonitor tata niaga perdagangan komoditas strategis di Sulawesi Utara.

Berbagai terobosan akan dilakukan pada 2017 diantaranya dengan menggalakkan UrbanFarming bekerjasama dengan Pemprov Sulut dan Pemkot Manado dalam bentuk ASN menanam, serta diversifikasi pangan sebagai bentuk pengendalian baik dari sisi supply maupun demand pada jangka menegah panjang. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung pencapaian target inflasi Sulut pada 2017 yang diproyeksikan sebesar 4±1%. [©-RIS/AJA]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Mantan Kepala BNN Dikabarkan akan Jabat Dirut Bulog

JAKARTA, Dirut Bulog Djarot Kusumajakti tidak mengaku sedang menunggu kepastian dari Mente…