Home CAKRAWALA HUKUM Duta Besar Uni Eropa Puji PN Manado

Duta Besar Uni Eropa Puji PN Manado

0
0
2,136

Manado telah menerapkan manajemen peradilan berkualitas.

CELEBES NEWS –  Mahkamah Agung (MA) mendapat dukungan dari Uni Eropa (UE) dan United Nation Development Program (UNDP) untuk proyek pembaruan peradilan (Proyek SUSTAIN). Tujuan proyek adalah meningkatkan transparansi, integritas, akuntabilitas peradilan, dan kualitas layanan peradilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pengadilan Negeri (PN) Manado salah satu yang dipilih. Dalam kunjungan Duta Besar delegasi Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam, Vincent Guerrent,  bersama Direktur UNDP Indonesia Christophe Bahuet di Pengadilan Negeri (PN) Manado, Senin (03/04) sore,  mengaku sangat terkesan. Karenanya bantuan atau kerjasama di Manado akan berlanjut pada tingkatan selanjutnya.

Vincent Guerrent menyatakan kedatangan mereka adalah bagian dari bentuk penghargaan untuk Indonesia dalam proyek lima tahun ini. Kini proyek ini  sudah berjalan untuk 15 menuju 19 pengadilan, salah satunya adalah PN Manado.

“PN Manado telah memperkenalkan beberapa sistem modern, akses informasi persidangan, registrasi atau pendaftaran secara digital. Kami juga melihat beberapa fasilitas telekonferensi untuk peradilan anak. Tentunya sangat membantu dalam pengadilan untuk peradilan yang lebih baik,” ungkap Guerrent.

Direktur UNDP Indonesia Christophe Bahuet menambahkan, keadilan   sangat penting dalam suatu negara agar masyarakat bisa mengakses dan mendapat keadilan.

“Yang kami lihat di Manado, sangat berkualitas. Sekarang ada pelatihan sumberdaya  manusia (SDM)  untuk meningkatan kapasitas. Sekarang kami juga ada pelatihan untuk para hakim. Juga  penggunaan teknologi informasi yang dapat membantu  sidang serta  manajemen transparansi kasus  sehingga siapa saja bisa mengakses informasi tersebut, ” kata Bahuet.

PN Manado menjadi  bagian dari 15 pengadilan yang terpilih dalam proyek. “Ini bisa menjadi percontohan. Kami sudah melihat beberapa kegunaan teknologi yang sangat bermanfaat,” tutup Direktur UNDP.

Wakil Ketua PN Manado Sugiyanto menyatakan,  delegasi Uni Eropa dan UNDP -SUSTAIN  melihat persidangan anak. Karena  PN Manado telah mendapat bantuan sarana dan prasarana. “PN Manado sebagai percontohan persidangan anak,” kata Sugiyanto. [©-ALL | TON]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

KPK Pastikan Tidak Ada Perlakuan Khusus Kepada Setya Novanto

Jakarta, Setya Novanto tengah menjalani masa penahanan selama 20 hari ke depan di Rutan Ne…