Home GORONTALO KABUPATEN BONE BOLANGO PEMKAB BONE BOLANGO Bone Bolango Gencar Pasarkan Kopi Gabulu

Bone Bolango Gencar Pasarkan Kopi Gabulu

0
0
2,102

Produk kopi gabulu mampu meningkatkan pendapatan masyarakat Kabupaten Bone Bolango

CELEBES NEWS – Kopi gabulu merupakan produk organik yang bahan bakunya berasal dari kopi pinogu dari Kecamatan Pinogu dan gula aren dari Kecamatan Bulango Ulu. Produk unggulan local Kabupaten Bone Bolango tersebut tengah gencar dipasarkan.

Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bone Bolango, Basir Noho mengatakan, produk unggulan lokal tersebut dipasarkan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, sehingga mampu mengurangi angka kemiskinan.

“Kini masyarakat Bulango Ulu sudah memiliki home industry yang lebih sehat, kalau dulu mereka lebih suka membuat miras, namun sekarang pusat perhatian mereka ke Gula Aren,” ujarnya, Selasa(3/4/2017)

Dijelaskan, bahan utama Gula Semut ini adalah nira dan sering dijadikan bahan utama minuman keras. Tetapi dengan kreasi dan teknologi, Pemerintah Daerah Bone Bolango mengarahkan masyarakatnya untuk dialihkan menjadi Gula Aren atau Gula Semut. Kini, Ke dua produk tersebut terus dikembangkan dan mendapat perhatian masyarakat dunia, terutama bagian Benua Eropa. [©-tfk | ike]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Realisasi Pajak Kendaraan Kabupaten Bone Bolango Rp9,626

Realisasi penerimaan pajak kendaraan bermotor di Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB) samsat…