Home GORONTALO PROVINSI GORONTALO PEMPROV GORONTALO Jumlah Penderita Terus Meningkat, Gorontalo Darurat TBC

Jumlah Penderita Terus Meningkat, Gorontalo Darurat TBC

0
1
2,190

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo, mencatat penderita penyakit Tuberculosis (TBC) di Provinsi Gorontalo mencapai 970 penderita, sebanyak 3.279 dinyatakan sebagai suspect TBC.

 

Celebesnews – Rumah Sakit Aloe Saboe (RSAS) Kota Gorontalo, sebagai satu-satunya rumah sakit rujukan di Provinsi Gorontalo mencatat peningkatan penderita TBC hingga Maret 2017 menjadi 589 penderita, yang pada tahun 2016 sebelumnya, tercatat sebanyak 426 penderita.

Data RSAS Kota Gorontalo, menunjukan dalam kurun dua tahun terakhir, penderita penyakit TBC menduduki peringkat tertinggi di Provinsi Gorontalo.

Wakil Direktur (Wadir) Bidang Pelayanan RSAS, dr. Meydi Sarita menyatakan, TBC menduduki peringkat teratas dari enam penyakit lain yang hanya mencapai 300 penderita dari tahun 2015 hingga 2016. Pola hidup masyarakat yang tidak sehat, diakui dr. Meydi sebagai sebab utama peningkatan penderita penyakit TBC ini.

Pengobatan dan pencegahan penyakit ini tergolong serius. Dengan mengonsumsi antibiotik tertentu dalam proses waktu yang cukup lama seorang pengidap TBC kemudian bisa dinyatakan sembuh. Dan untuk mencegahnya dibutuhkan vaksin Bacillus Calmette-Guerin (BCG).

Vaksin Bacillius Calimette-Guerin (BCG) bukanlah hal baru bagi perkembangan dunia kesehatan di Indonesia, jenis vaksin ini termasuk dalam daftar imunisasi wajib yang diberikan sebelum bayi berusia dua bulan.

Dalam kesempatannya Wakil Wali Kota Gorontalo Charles Budi Doku , menghimbau agar masyarakat melakukan pola hidup sehat, memberikan perhatian kepada putra-putrinya mengunjungi posyandu atau puskesmas terdekat untuk melakukan imunisasi, berolahraga teratur, berpola makan sehat, serta menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal nya, karena wabah TBC ini sebenarnya dapat kita hindari sejak dini.

“Dengan kondisi pancaroba seperti saat ini, selain TBC yang sudah menjadi perhatian kami, saya pun menghimbau agar masyarakat Kota Gorontalo selalu waspada terhadap Demam Berdarah” ujar Charles. [©-i501]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Provinsi Gorontalo Jadi Yang Pertama Paparkan KLHS RPJMD 2018-2022

Gorontalo, Provinsi Gorontalo merupakan daerah pertama menyelesaikan Kajian Lingkungan Hid…