Home PROFIL PROFIL KEPULAUAN SIAU Djauhari Kansil Siap Maju di Pilkada 2018

Djauhari Kansil Siap Maju di Pilkada 2018

0
0
2,111

Djauhari Kansil siap memimpin Kabupaten Sitaro. Jika terpilih, dia juga berjanji memperbaiki kualitas birokrat untuk lebih berintegritas.

CELEBES NEWS – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 di Sulawesi Utara (Sulut) secara serentak, membawa kesiapan bagi setiap calon pemimpin daerah. Salah satunya Djahuri Kansil, yang siap memimpin Kepulauan Siau Tagulandang Biaro atau Kabupaten Sitaro.

Berbekal pengalaman sebagai mantan Wakil Gubernur Sulawesi Utara pada masa Gubernur Sinyo Harry Sarundjang periode 2010-2015, Djauhari Kansil yang akrab disapa dengan inisial DK itu mengaku akan membangun tanah kelahirannya dengan menjadikan Kabupaten Sitaro lebih maju dan bermartabat.

“Ini adalah panggilan Tuhan. Apabila Tuhan berkenan, sebagai putera asli daerah Sitaro, saya siap membangun Kabupaten Sitaro yang lebih baik lagi,” kata pria kelahiran Pehe itu di Siau, Minggu (2/4/2017).

Program yang ditawarkan DK untuk membangun Kabupaten Sitaro adalah meningkatkan potensi kelautan dan perikanan dan menjadikan Sitaro menjadi tujuan wisata dan budaya. Khusus d ibidang pendidikan dan sumberdaya manusia, mantan Kepala Dinas Pendidikan Sulut itu akan meningkatan ketrampilan anak muda melalui berbagai macam pelatihan dan kursus singkat. Di bidang kesehatan, DK akan menyediakan layanan kesehatan yang mencakup semua lapisan masyarakat.

Sebagai birokrat yang telah makan asam garam, DK berjanji akan memperbaiki kualitas birokrat untuk lebih berintegritas. DK juga berjanji menggandeng PLN untuk membantu masyarakat yang sering mati lampu dan menyukseskan program listrik yang dicanangkan pemerintah pusat.

Sebagai wilayah kepulauan, bahan bakar untuk membantu kehidupan dan perekonomian di Sitaro juga harus tersedia. “Saya akan bekerja dengan sepenuh hati, tulus, ikhlas, jujur dan semangat untuk kesejahteraan rakyat Sitaro. Saya akan membangun Kabupaten Sitaro dengan bekerja, bekerja mengikuti visi Presiden Jokowi,” katanya lebih lanjut.

Kabupaten Sitaro terdiri dari tiga gugusan pulau, yaitu Pulau Siau, Pulau Tagulandang, serta Pulau Biaro. Masih ada pulau-pulau kecil di sekitarnya yang terdiri dari 47 pulau dengan 10 pulau berpenghuni.

Berbagai program yang ditawarkan DK dalam membangun Sitaro adalah meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui pengembangan perikanan. Dengan gugus pulau dan garis pantai di setiap pulau juga menawarkan potensi wisata dan berbagai macam budaya yang luar biasa bagi para wisatawan.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Sulut itu sudah memyiapkan jurus untuk menjadikan Sitaro menjadi daerah tujuan wisata di Sulut. “Blue Ekonomi sangat cocok dengan daerah kepulauan. Potensi perikanan laut Sitaro belum maksimal. Saya berjanji akan menaikan derajat hidup nelayan dan mengerakan sektor pariwisata di Sitaro,” ujarnya.

Program lain yang ditawarkan adalah meningkatkan taraf hidup petani pala. Tanaman pala merupakan salah satu komoditas andalan masyarakat Sitaro yang telah dieskpor ke sejumlah negara di Asia dan Eropa. Untuk menunjang lalu-lintas barang dan orang, DK berjanji akan membangun infrastruktur dan transportasi yang akan menopang arus lalu-lintas yang umumnya menggunakan transportasi laut itu. “Kita akan permudah arus transportasi. Semuanya ini utk meningkatan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

DK yang telah berpengalaman puluhan tahun sebagai birokrat itu juga akan melakukan pembinaan kepada aparatur sipil negara agar lebih profesional dalam meningkatan pelayanan kepada masyarakat secara transparan dan berintegritas. Salah satu program layanan yang ditawarkannya adalah membangun secara klaster yang disesuaikan dengan kondisi daerah dan masing-masing pulau. [©-ris/ike]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *