Home KABUPATEN KABUPATEN BOLMONG SELATAN PEMKAB BOLMONG SELATAN Pemkab Bolsel Kembangkan Wisata Konservasi

Pemkab Bolsel Kembangkan Wisata Konservasi

0
0
2,136

Wisata konservasi di Tanjung Binerean dilakukan untuk mengundang wisatawan lokal maupun mancanegara.

CELEBES NEWS – Pengembangan wisata konservasi di Tanjung Binerean diseriusi Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) dan ‘Wildlife Conservation Society’ (WCS). Hal tersebut dibuktikan melalui penandatanganan Memorandum Of Understanding (MOU), oleh Bupati Hi Herson Mayulu (H2M) dan Direktur Pusat WCS Novianty Handayani di Ibu Kota Jakarta, Jumat (31/3/2017).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bolsel Resli Paputungan, mengatakan kerja sama tersebut berkaitan dengan percepatan pembangunan pariwisata di Tanjung Binerean. ”Pemkab Bolsel akan mengembangkan wisata penangkaran dan pengamatan burung moleo,” katanya.

Dia menjelaskan, tim percepatan pengembangan pariwisata sudah menargetkan jumlah kunjungan wisata selang tiga tahun, bahkan diprediksikan sebanyak 35 ribu wisatawan lokal dan 10.00 wisatawan mancanegara akan mengunjungi Bolsel pada 2017-2019. Sementara, untuk mencapai target tersebut, Bolsel tidak boleh bergantung pada satu jenis wisata. Bukan hanya taman laut, harus memiliki paket wisata di bidang konservasi,” paparnya.

Untuk menyukseskan rencana tersebut, lanjut Resli, pihaknya akan bersinergi dengan Balai Taman Nasional Bogani Nanni Wartabone (BTNBNW) dan WCS. Bahkan, Pemkab telah mendatangani MoU dengan BTNBNW serta WCS.

“Dalam MOU, Pemkab diizinkan memasarkan potensi Taman Nasional dan WCS, untuk dibuatkan paket wisata dan dijual ke wisatawan,” tutur Resli.

Resli menambahkan, MoU dengan BTNBNW dan WCS sangat penting. Dua lembaga tersebut menguasai sejumlah daerah yang memiliki potensi wisata alam. Bahkan kata dia, hasil MoU tersebut akan dijadikan Surat Keputusan (SK) oleh tim percepatan pengembangan pariwisata. “Dalam waktu dekat akan dipaparkan oleh Bupati di depan Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kemenpar, Kementerian Pariwisata (Kemenpar),” tandasnya. [©-ist/ike]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Bolsel Calon Penerima Penghargaan Upakarti

Pemberian penghargaan Upakarti untuk mengapresiasi mereka yang berprestasi dalam pembinaan…