Home PROFIL PROFIL BOLMONG SELATAN 24 Juni, Hari Lahir Kabupaten Bolmong Selatan

24 Juni, Hari Lahir Kabupaten Bolmong Selatan

0
0
2,113

24 Juni 2008, Bolmong Selatan resmi berdiri dan disahkan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Agung Laksono.

CELEBES NEWS – Tak terasa sembilan tahun sudah Bolaang Mongondow (Bolmong) Selatan berdiri. Semua dilalui dengan lika-liku perjuangannya menjadi daerah otonom. Ketua DPRD Bolmong Selatan Abdi Van Gobel menyatakan, tanggal 24 Juni 2008 diketuklah palu tanda disahkannya Rancangan Undang-undang menjadi Undang-undang Pembentukan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan di Provinsi Sulawesi Utara, oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Agung Laksono.

“Tanggal 21 Juli 2008, Presiden Republik Indonesia menetapkan Undang-Undang Nomor 30 tahun 2008 tentang Pembentukan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan di Provinsi Sulawesi Utara dan ditambahkan dalam Lembaran Negara RI Nomor 103 tahun 2008, Tambahan Lembaran Negara RI Nomor 4876,” kata Abdi Van Gobel, beberapa waktu lalu.

Abdi menuturkan, pada 30 September 2008 di Ruang Mapaluse Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, dilaksanakan pengambilan sumpah dan pelantikan Pejabat Bupati Bolaang Mongondow Selatan Arudji Mongilong oleh Menteri Dalam Negeri Mardiyanto. “Pada 13 Oktober 2008 di Bukit Ilongkow, Bupati Bolaang Mongondow Marlina Moha Siahaan menyerahkan secara adat wilayah kepada rakyat Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, yang diwakili oleh Komunitas Masyarakat Adat Bolango,” tuturnya.

Pada 19 Agustus 2010, kata Abdi, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan melaksanakan pemilihan kepala daerah pertama, yang diikuti lima pasangan bupati dan wakil bupati. Yang terpilih adalah pasangan nomot urut 4, Herson Mayulu dan Samir Badu.

“Pada 16 Desember 2010, dilakukan pelantikan bupati dan wakil bupati pilihan rakyat pertama, yaitu pasangan Herson Mayulu dan Samir Badu sebagai bupati dan wakil bupati definitif,” tandasnya. [©-ist/ike]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *