Home KAWANUA KAWANUA GORONTALO Gorontalo Kekurangan Ratusan Dokter Umum & Spesialis

Gorontalo Kekurangan Ratusan Dokter Umum & Spesialis

0
0
2,102

Izin FK UNG akan mempercepat produksi dokter terbaik Gorontalo.                 

CELEBES NEWS– Penjabat Gubernur Gorontalo Zudan Arif Fakrulloh mengungkapkan, daerah ini masih kekurangan ratusan dokter, baik dokter umum maupun spesialis. Hal ini terungkap setelah dirinya bertemu Ikatan Doketr Indonesia (IDI) Gorontalo.

Jika izin Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Gorontalo (UNG) turun tahun ini, tujuh tahun kemudain baru bisa lahir dokter-dokter terbaik Gorontalo. “Untuk mengisi kekosongan selama masa pendidikan berjalan, harus ada solusi. Ini tidak hanya jadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi, tetapi juga harus dipikirkan oleh pemerintah kabupaten/kota,” kata Zudan Arif Fakrulloh, Kamis (30/3/2017) seperti dilansir situs Pemprov Gorontalo.

Salah satu solusi adalah meminta formasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dan Kementerian Kesehatan RI. Untuk mengisi kekurangan dokter tersebut, pemerintah daerah harus berpikir untuk menarik dokter-dokteryang bagus dan baru lulus agar mau bekerja di Gorontalo.

“Kita harus agresif seperti daerah lain. D yang baru lulus, bekerja di daerahnya, dengan diberikan tambahan insentif dari pemerintah daerah,” ujarnya.

Misalnya dokter umum. Selain mendapatkan gaji pokok, tunjangan dokter , biaya rumah, mereka juga diberikan insentif lebih oleh pemerintah daerah. “Jadi harus ada tambahan. Kalau tidak, belum tentu mereka mau bekerja di Gorontalo,” jelasnya.

Karenanya, pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota harus menganggarkannya lewat Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan menyiapkan kontrak kerja 5-10 tahun ke depan. “Termasuk dokter spesialis. Kalau bisa, insentif mereka ditambah lagi sehingga kekosongan dokter di beberapa rumah sakit di Gorontalo sudah bisa terisi,” tuturnya. [©-ris]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

PLN Secepatnya Perbaiki Sistem Pemadaman Listrik SultGo

Manado, PT PLN Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (Suluttenggo) secepatnya akan…