Home GORONTALO PROVINSI GORONTALO PEMPROV GORONTALO Stok Cukup, Harga Cabe Rawit Turun Menjadi Rp80 Ribu/kg

Stok Cukup, Harga Cabe Rawit Turun Menjadi Rp80 Ribu/kg

0
0
2,076

Berkat stok yang cukup, harga cabe rawit di Gorontalo turun.                                                     

CELEBES NEWS– Stok cabe rawit di Gorontalo cukup tersedia sehingga harga pun turun menjadi Rp80.000/kg. Padahal, dalam dua bulan ini, harga cabe rawit di Gorontalo mencapai Rp100.000/kg hingga Rp120.000/kg.

Djafar Samani, salah seorang petani cabe rawit asal Desa Butu, Kecamatan Tilongkabila Bone Bolango, mengakui melonjaknya harga cabe rawit bulan lalu cukup berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan petani. Sekarang, pendapatannya kembali seperti sebelum kenaikan harga.

“Kalau harga naik tentu petani memperoleh peningkatan pendapatan. Sekarang, setelah harga turun menjadi Rp80.000, pendapatan kami pun menurun,” ungkap Djafar Samani, Rabu(29/3/2017).

Menyikapi hal ini, Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Gorontalo Abdul Haris Hadju menegaskan, pemerintah tidak dapat mengintervensi pasar. Pemerintah hanya dapat menyeimbangkan kebutuhan dan stok cabe rawit di daerah.

Dia menjelaskan, saat ini peminat cabe rawit asal Gorontalo tidak hanya daerah tetangga tetapi juga dari Pulau Jawa dan Bali. Oleh karena itu, ketersediaan pasokan berpengaruh terhadap harga cabe rawit di daerah. ”Kami tidak bisa intervensi. Harga itu pola pasar. Kalau diintervensi, kami khawatir harga justru anjlok,” jelas Abdul Haris Hadju.

Sejak kemarin, operasi pasar juga sudah dilakukan untuk mengetahui stabilitas harga dan stok cabe rawit. Kadis menegaskan, cabe rawit sangat kecil kemungkinan untuk ditimbun karena mudah membusuk. Upaya keseimbangan antara harga dan pendapatan petani dan pedagang tersebut menjadikan pemerintah dalam posisi dilematis. [©-tfk]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Gubernur Larang Pejabat Pemprov Untuk Keluar Daerah pada Akhir Tahun

Gorontalo,Gubernur Gorontalo menegaskan tidak ada anggaran yang kembali ke pusat, terutama…