Home GORONTALO PROVINSI GORONTALO PEMPROV GORONTALO KKP Berikan Rekomendasi Sanitasi Asrama Haji Gorontalo

KKP Berikan Rekomendasi Sanitasi Asrama Haji Gorontalo

0
0
2,284

Rekomendasi sanitasi Asrama Haji diperlukan agar Gorontralo bisa menjadi embarkasi penuh.    

CELEBES NEWS-Berdasarkan hasil evaluasi, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 3 Gorontalo bersama Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI dan Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo memberikan sejumlah rekomendasi sanistasi kepada pengelola Asrama Haji Gorontalo. Sejumlah rekomendasi tersebut disampaikan Kamis (30/3/2017).

Beberapa rekomendasi itu antara lain perlunya tempat sampah tertutup, tempat sampah di area parkir, pembuangan air limbah yang memenuhi syarat kesehatan, pintu dapur yang membuka dua arah, pemasangan sarana penghalang vector, dan terpenuhinya syarat sanitasi air bersih untuk pengelolaan air PDAM.

Tim Penilai Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI Indah Gina Fauziah menjelaskan, evaluasi ini disampaikan untuk memberikan kepastian di bidang kesehatan kepada calon jamaah haji. Evaluasi sanitasi ini dilakukan di asrama haji lama serta asrama hajiyang baru dibangun.

“Jika dari awal kita ketahui masalah di Asrama Haji Gorontalo, tentu segera dapat diantisipasi. Kami menginginkan para calon jamaah haji sebelum berangkat dalam keadaan sehat dan dapat menuaikan ibadah haji dengan baik,” jelas Indah Gina Fauziah.

Evaluasi sanitasi ini dilakukan di asrama haji lama serta asrama haji yang baru dibangun. Kepala Seksi Pengendalian Risiko Lingkungan dan Kesehatan Lintas Wilayah Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 3 Gorontalo Syarif Katili menambahkan, pihaknya mengeluarkan rekomendasi kepada pengelola Asrama Haji Gorontalo berdasarkan masukan tim penilai dari Dinas Kesehatan, PDAM, serta tim dari pusat.

“Secepatnya kami berikan rekomendasi kepada pengelola Asrama Haji Gorontalo agar segera ditindaklanjuti. Kami berharap kerjasama selama ini memudahkan Kementerian Agama menindaklanjuti rekomendasi kami,” jelas Syarif Katili.

Pemantuan sanitasi Asrama Haji dilakukan tiga kali, yaitu enam bulan menjelang hari pemberangakan, tujuh hari sebelum pemberangkatan, dan pada hari pemberangkatan calon jamaah haji menuju Tanah Suci. Evaluasi tahun ini cukup kompleks guna mewujudkan Gorontalo sebagai embakasi penuh. [©-tfk]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Gubernur Larang Pejabat Pemprov Untuk Keluar Daerah pada Akhir Tahun

Gorontalo,Gubernur Gorontalo menegaskan tidak ada anggaran yang kembali ke pusat, terutama…