Home PROVINSI SULUT PEMPROV SULUT Denmark & China Bersaing Kelola TPA Sampah di Sulut

Denmark & China Bersaing Kelola TPA Sampah di Sulut

0
3
2,227

Pengelolaan TPA sampah di Sulut menarik investor dari Denmark dan China.                   

CELEBES NEWS-Denmark dan China menginginkan kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) untuk mengelola Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah. Keinginan tersebut diseriusi dengan kunjungan langsung investor China di Kantor Gubernur, Rabu (29/03/2017) lalu.

Kunjungan Tianying Inc tersebut diterima Asisten II Setdaprov Sulut dan instansi terkait. Tianying Inc adalah perusahaan teknologi yang mampu mengelola sampah menjadi pembangkit tenaga listrik.

Ketertarikan Denmark diwujudkan dengan mengundang langsung Pemprov Sulut guna membas kerjasama pengelolaan TPA di Sulut. Undangan tersebut direspons Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE dengan mengutus Wakil Gubernur (Wagub) Sulut Drs Steven OE Kandouw, untuk melakukan negosiasi dengan Pemerintah Denmark. Dalam pekan ini, Wagub Steven ini dijadwalkan bertolak ke Denmark untuk menindaklanjuti undangan tersebut.

Hingga saat ini, Wagub Steven mengaku belum menentukan pengelola TPA di Sulut. Pemprov Sulut akan melihat efektivitas teknologi dan pengelolaan TPA  untuk kepentingan dan keuntungan Pemprov Sulut.

“Tinggal kita lihat mana yang efektif, China atau Denmark,” kata Wagub Steven kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Kamis (30/03/2017) siang.

Wagub juga menegaskan, lahan TPA dipastikan sudah ada dan telah disediakan Pemprov Sulut, yakni di Pandu, Manado. “Lahan sudah ada di Pandu. TPA ini akan digunakan untuk menampung sampah dari Manado, Minut, Bitung, Tomohon dan Minahasa,” terang mantan Ketua DPRD Sulut ini.[©-khy]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Diketuai Fery Keintjem, Pemprov Sulut Gelar Liga Pekerja Indonesia

Manado, Pemerintah Propinsi Sulawesi Utara akan menggelar pertandingan sepak bola antar pe…