Home GORONTALO KABUPATEN POHUWATO DPRD KABUPATEN POHUWATO DPRD Usulkan Ranperda Pencegahan & Penyalahgunaan Narkoba

DPRD Usulkan Ranperda Pencegahan & Penyalahgunaan Narkoba

0
0
2,401

Pemkab hendaknya tidak terjebak pada tindakan yang memihak salah satu pihak dalam upaya pemberian bantuan hukum bagi masyarakat.

CELEBES NEWS – Selain Pemerintah Kabupaten Pohuwato, DPRD juga mengajukan dua usulan rancangan peraturan daerah (ranperda) atas usul inisiatif legislatif. Pembahasanya digelar secara bersamaan dalam sidang Paripurna DPRD, Selasa (21/3/2017). Kedua ranperda tersebut adalah ranperda Bantuan Hukum bagi Masyarakat Miskin serta ranperda Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif.

Pada saat yang sama, Pemkab Pohuwato juga mengajukan dua ranperda, yaitu tentang Penanaman Modal dan Ranperda tentang Penyelenggaraan dan Penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dan Pemberdayaan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS).

Bupati Syarif Mbuinga, yang menghadiri  paripurna, memberikan apreasi kepada DPRD Kabupaten Pohuwato, yang menaruh perhatian besar terhadap kepentingan rakyat. Apalagi, menurut Syarif, ranperda tentang Bantuan Hukum bagi Masyarakat Miskin sangat diperlukan dalam menghadapi persoalan hukum.

“Sangat disadari bahwa keadaan masyarakat kita masih didominasi oleh masyarakat yang awam terhadap hukum. Sangat dibutuhkan pendampingan dan fasilitasi oleh pemerintah daerah,” jelasnya seperti dikutip sejumlah media.

Bupati berharap, dalam upaya pemberian bantuan hukum bagi masyarakat, nantinya pemerintah daerah tidak terjebak pada tindakan yang memihak salah satu pihak. Oleh karena itu, penting untuk menuangkan batasan-batasan pemberian bantuan hukum agar berlaku adil bagi semua masyarakat.

Terkait ranperda tentang Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif, Bupati menilai patut diapresiasi. Persoalan narkotika dan psikotropika di Pohuwato telah menjadi persoalan yang harus mendapatkan penanganan serius oleh semua kalangan.

“Penggunaan narkotika dan psikotropika telah menjadi momok bagi kita karena merambah sampai pada sekolah-sekolah. Oleh karena itu, ranperda ini semoga bisa menjadi solusi bagi upaya pencegahan, bahkan pemberantasan, penggunaan narkotika dan psikotropika di Kabupaten Pohuwato,” tutup Bupati.  [©-ris/ton]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Pekan Depan, DPRD Tagih Tali Asih untuk Penambang

Para penambang menagih janji anggota DPRD dalam merealisasikan tali asih bagi warga penamb…