Home GALERI FOTO GALERI BOALEMO Ini Dia 3 Lokasi Wisata Andalan Kota Gorontalo

Ini Dia 3 Lokasi Wisata Andalan Kota Gorontalo

0
0
2,737

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Gorontalo menjadikan budaya pasang lampu Tumbilo Tohe sebagai salah satu potensi wisata.

 

CELEBES NEWS – Budaya pasang lampu “Tumbilo Tohe” adalah tradisi pasang lampu yang dilaksanakan tiga hari menjelang Idul Fitri atau 27 Ramadhan. Tradisi ini dimaksudkan untuk memudahkan umat Islam dalam memberikan zakat fitrah pada malam hari. Hampir setiap tempat dipasangi lampu sehingga Kota Gorontalo menjadi terang benderang.

Objek wisata tak kalah menarik adalah rumah adat Doluhupa, balai musyawarah kerabat kerajaan. Bangunan yang terletak di Kelurahan Limba, Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo ini terbuat dari papan dengan bentuk atap khas daerah. Pada bagian balakang terdapat anjungan, tempat para raja dan kerabat istana beristirahat sambil melihat kegiatan remaja istana bermain sepakraga.

Saat ini rumah adat tersebut berada di tanah seluas + 500m² dan dilengkapi dengan taman bunga, bangunan tempat penjualan cenderamata, serta bangunan garasi bendi kerajaan yang bernama Talanggeda. Pada masa pemerintahan para raja, rumah adat ini digunakan sebagai ruang pengadilan kerajaan.

Satu lagi objek wisata andalan Kota Gorontalo adalah Benteng Otanaha. Objek wisata ini terletak di atas bukit di Kelurahan Dembe I, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo. Benteng ini dibangun sekitar 1522. Sekitar abad ke-15, dugaan orang bahwa sebagian besar daratan Gorontalo adalah air laut. Ketika itu, Kerajaan Gorontalo di bawah Pemerintahan Raja Ilato atau Matolodulakiki bersama permaisurinya Tilangohula (1505–1585).

Benteng Otanaha terletak di atas sebuah bukit dan memiliki empat  buah tempat persinggahan dan 348 buah anak tangga ke puncak sampai ke lokasi benteng. Jumlah anak tangga tidak sama untuk setiap persinggahan. Dari dasar ke tempat persinggahan pertama  terdapat 52 anak tangga, ke persinggahan kedua 83 anak tangga, ke persinggahan ketiga 53 anak tangga, dan ke persinggahan keempat 89 anak tangga. Ke area benteng terdapat 71 anak tangga sehingga jumlah keseluruhan anak tangga adalah 348. [©-ris/ton]

  • Benteng Otahana

  • Monumen Nani Wartabone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Benteng Otahana