Home CAKRAWALA SOSIAL DAN BUDAYA KBRI Pakistan Gelar Pameran dan Peragaan Busana Tenun

KBRI Pakistan Gelar Pameran dan Peragaan Busana Tenun

0
0
2,274

KBRI Pakistan menggelar pameran dan peragaan busana tenun. Acara dengan tema ‘Tenun – Sebuah Seni Unik dari Ekspresi Budaya’ ini mendapat respons sangat baik dari berbagai lapisan masyarakat.

CELEBES NEWS – Sadar akan potensi produk tekstil Tanah Air, Kedutaan Besar Indonesia di Pakistan menyelenggarakan pameran tenun dan fashion show yang dirangkai dengan pertunjukan budaya. Kegiatan yang digelar di Auditorium Kedutaan Indonesia di Islamabad, Jumat (17/3/17), ini ditangani langsung oleh istri Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Pakistan, Rita Berlinia Suyudhie Amri, bersama Asosiasi Perempuan Indonesia, Islamabad.

Mengusung tema “Tenun – Sebuah Seni Unik dari Ekspresi Budaya,’ acara ini mendapat respons sangat baik, terutama wanita dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk komunitas diplomatik. Acara tersebut dikemas apik. Semua tamu mengenakan pakaian nasional dari negara masing-masing. Para tamu juga diberi goody bag berupa beberapa hadiah kecil. Sementara menunggu acara dimulai, para pengunjung bisa memanfaatkan waktu dengan belanja pakaian, bahan, dan tas dari Indonesia yang dipamerkan.

Dalam sambutannya, Rita Berlinia menyatakan, tujuan acara ini adalah berbagi dan mempromosikan tenun, warisan nenek-moyang khas Indonesia. Produk tenun yang dipamerkan merupakan salah satu yang terbaik di antara banyak jenis tekstil tenun dari Indonesia.

“Setiap daerah di seluruh Nusantara punya motif dan desain berbeda-beda. Setiap motif tenun memainkan bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam acara ritual,” terang Rita Berlinia Amri.

Pameran menjadi lebih meriah dengan pertunjukan alat musik bambu yang unik khas Indonesia, di antaranya angklung yang dimainkan oleh wanita-wanita dari kedutaan dengan lagu Que Sera Sera. Tidak hanya itu, para tamu lain diperbolehkan mencoba memainkan alat musik khas Indonesia ini di atas panggung. Disajikan juga tari-tarian serta fashion show yang menampilkan berbagai jenis tenun dan cara pembuatan tenun oleh wanita dari berbagai pulau.

Yang istimewa, acara ini bertepatan dengan hari ulang tahun istri Duta Besar Bosnia & Herzegovina, Jasmina Makarevic. [©-ist]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Hutan Wanagama Sebagai Wahana Pembelajaran Atraktif

GUNUNG KIDUL – Sebagian hutan pendidikan Wanagama di Kecamatan Playen, Kabupaten Gun…