Home KOTA KOTA MANADO PEMKOT MANADO Walikota Manado Terima Penghargaan Komnas HAM

Walikota Manado Terima Penghargaan Komnas HAM

0
0
2,517

Walikota Manado menerima penghargaan dari Komnas HAM atas peran dan komitmen dalam melindungi dan menjamin hak atas kebebasan beragama dan berkeyakinan.

CELEBES NEWS – Kerukunan antar-umat beragama di Kota Manado terus mendapat perhatian pemerintah pusat. Bahkan model kerukunan di Kota Manado menjadi contoh secara nasional. Inilah yang kemudian mengantarkan Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut, SH, MSi, DEA (GSVL) diundang secara khusus pada acara Kongres Nasional Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (16/03/17).

Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut, SH, MSi, DEA menyatakan, pihaknya bukan hanya ingin mencari penghargaan tapi yang paling penting adalah tetap terjaganya situasi aman dan damai di Kota Manado. | FOTO ISTIMEWA

Pada acara yang dilaksanakan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Republik Indonesia tersebut, GSVL mempresentasikan keberhasilan Kota Manado dalam menjaga toleransi antar-pemeluk agama. Tidak hanya diundang secara khusus, Walikota GSVL juga menerima penghargaan atas peran dan komitmen yang tinggi dalam melindungi dan menjamin hak atas kebebasan beragama dan berkeyakinan.

GSVL menegaskan, kehidupan yang aman dan damai dengan terjaganya keharmonisan dan kerukunan antar-umat beragama di Kota Manado, tidak sekadar untuk mencari penghargaan dan sejenisnya. Namun, keharmonisan dan kerukunan itu merupakan hal yang terpenting dan mutlak.

“Penghargaan yang diberikan Komnas HAM ini akan menjadi pemicu semangat untuk menjadikan Manado lebih baik lagi. Namun, yang utama adalah komitmen pemerintah dan masyarakat dalam meningkatkan toleransi umat beragama, yang telah berjalan dengan baik selama ini,” ungkap GSVL.

“Kerukunan antar-umat beragama di Kota Manado bisa dijaga dengan baik, tidak hanya peran pemerintah tetapi juga peran para rohaniawan atau tokoh agama, serta wadah kerukunan umat beragama yang ada, yakni BKSAUA dan FKUB. Dalam berbagai kesempatan, saya selalu katakana, ada tiga pilar dalam membangun Kota Manado, yaitu pemerintah, rohaniawan, dan pers,” ujar Walikota GSVL.

Penghargaan dari Komnas HAM yang diterima Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut, SH, MSi, DEA. | FOTO ISTIMEWA

Hadir dalam kongres tersebut, Menteri Agama RI Drs Lukman Hakim Saifuddin, Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Pol Drs Tito Karnavian, Walikota Bandung Ridwan Kamil, Walikota Bogor Bima Arya, serta undangan lainnya. Ridwal Kamil dan Walikota Bekasi Rahmad Effendi juga mendapat penghargaan atas kerukunan antar-umat beragama.[©-jm]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

BPS: Indeks Kebahagiaan Orang Indonesia di Masa Presiden Jokowi Meningkat

JAKARTA – Indeks kebahagiaan Indonesia mengalami peningkatan dari 68,28 pada 2014 me…