Home KOTA KOTA MANADO PEMKOT MANADO Saber Pungli Minta 504 Kepala Lingkungan Tolak Praktik Pungli

Saber Pungli Minta 504 Kepala Lingkungan Tolak Praktik Pungli

0
0
2,298

Layanan publik rentan praktik pungli. Pemkot Manado pun membekali camat, lurah, dan 504 kepala lingkungan agar menolak praktik pungli.

CELEBES NEWS – Praktik pungutan liar (pungli) berpotensi dilakukan aparat pemerintah yang berhubungan dengan layanan publik, termasuk para Kepala Lingkungan atau Pala di Kota Manado. Untuk memproteksi aparat yang menjadi ujung tombak Pemerintah Kota (Pemkot) Manado itu, dilaksanakan sosialisasi Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih (Saber) Pungli Kota Manado, di Ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado, Selasa (07/03) pagi tadi.

Kegiatan yang melibatkan para camat dan lurah serta 504 kepala lingkungan se-Kota Manado tersebut dibuka Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Kota (Sekkot) Manado Drs Rum Dj Usulu, mewakili Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut, SH, MSi, DEA. Dalam sambutannya, Walikota GSVL berharap seluruh aparatur Pemkot Manado, termasuk kepala lingkungan, agar tidak menjalankan praktik pungli yang berimplikasi hukum dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Hadirnya Satgas Saber Pungli diharapkan akan menghilangkan praktik pungutan liar yang dilakukan aparatur pemerintah di Kota Manado, termasuk para kepala lingkungan yang langsung berhadapan dengan masyarakat,” tukas Walikota GSVL seperti disampaikan Sekkot Usulu, dalam kegiatan yang juga disaksikan Kepala Inspektorat Kota Manado Drs Hans Tinangon, MSc.

Ketua Satgas Saber Pungli Kota Manado yang juga Wakil Kepala Polresta Manado, AKBP Enggar Broto Seno menyatakan,  aparat pada kantor pelayanan publik, termasuk kepala lingkungan, sangat rentan terhadap praktik pungli. “Terjadinya praktik pungli karena peluang ada, kesempatan ada. Tinggal niat atau mental sehat yang bisa mencegahnya,” ujarnya.

Enggar Broto Seno menyatakan, dampak praktik pungli di antaranya ekonomi biaya tinggi, rusaknya tatanan masyarakat, merugikan masyarakat, serta menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat kepada pemerintah. “Kepala lingkungan juga adalah pemerintah di tingkat bawah, salah satu yang menjadi target Satgas Saber Pungli,” pungkasnya. [©-ris]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Lippo Group Sakti, Dirikan Rumah Tanpa Kantongi IMB, Pemkot Manado Bungkam

MANADO, Pengembang Holland Village Manado milik Lippo group mendirikan bangunan rumah tanp…