Home GORONTALO KABUPATEN GORONTALO PEMKAB GORONTALO Pemerintah Kabupaten Harapkan Bantuan Mesin Pengolahan Nilam

Pemerintah Kabupaten Harapkan Bantuan Mesin Pengolahan Nilam

0
0
2,016

Kabupaten Gorontalo kaya akan tanaman nilam. Bila diolah menjadi minyak, harga jual lebih tinggi dibandingkan daun segar atau kering.

CELEBES NEWS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo berharap mendapatkan bantuan mesin pengolahan tanaman nilam yang banyak tumbuh di wilayah barat kabupaten ini. Bupati Indra Yasin mengaku telah menyampaikan permohonan tersebut kepada Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

“Saya sudah menyampaikan permintaan tersebut secara langsung kepada Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi saat berkunjungan ke kabupaten ini. Saya berharap kelompok masyarakat di wilayah Kecamatan Sumalata Timur dan Sumalata mendapat bantuan mesin pengolahan tanaman Nilam,” ujar Indra Yasin di Gorontalo, , Minggu (15/1).

Menurut dia, tanaman semak tersebut tumbuh sangat subur di daerah ini. Namun, masyarakat belum optimal memanfaatkannya karena belum didukung mesin pengolahan yang dapat menghasilkan minyak nilam. “Jika dijual dalam bentuk daun segar atau kering, harga jualnya sangat rendah. Bahkan kurang diminati pasar, khususnya di tingkat lokal,” ujar Bupati.

Fasilitas pengolahan minyak nilam sangat diperlukan untuk menghasilkan parfum. Apalagi Indonesia menjadi salah satu negara pemasok minyak nilam di dunia. Jika potensi ini didukung pemerintah pusat, kabupaten ini berpeluang menjadi daerah penghasil minyak nilam terbesar. Saaty ini, ada 20 ribu hektare lahan di wilayah barat. Bahkan, di ujung barat kabupaten ini, yaitu Kecamatan Tolinggula, kondisi daerahnya yang teduh, hangat dan lembab, sangat cocok untuk tanaman nilam.

“Jika daerah ini sudah memiliki mesin pengolah nilam, pengelolaannya akan diserahkan ke badan usaha milik desa yang sangat potensial mengembangkan usaha pembuatan minyak parfum,” kata Bupati seperti dikutip situs Pemprov Gorontalo.

Dia berharap, pemerintah pusat bisa memenuhi permintaan mesin pengolah nilam untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi desa dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki. [©-ris] 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Pemkab Gorontalo Sediakan Bus Gratis untuk Pelajar-Mahasiswa dan Pekerja

Gorontalo,   Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, menyediakan enam unit ang…