Home KAWANUA KAWANUA SULUT Pangdam XIII Awali Kunker 2017 di Sulteng

Pangdam XIII Awali Kunker 2017 di Sulteng

0
0
2,188

Pangdam XIII/ Merdeka Mayjen Ganip Warsito meninjau langsung seluruh satuan di Korem 131/Santiago dan Korem 132/Tadulako di tiga provinsi. Salah satunya adalah Kabupaten Poso di wilayah Korem 132/Tadulako.

CELEBES NEWS – Sejak dilantik sebagai Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIII/Merdeka pada 20 Desember 2016 lalu, Mayjen Ganip Warsito, SE, MM terus melakukan peninjauan langsung pada seluruh satuan di dua Korem yakni Korem 131/Santiago dan Korem 132/Tadulako. Seluruh satuan tersebut tersebar di tiga provinsi, yakni Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo. Salah satu tujuan Kunker Pangdam XIII Merdeka adalah Kabupaten Poso dalam wilayah Korem 132/Tadulako.

Kepala Penerangan Korem (Kapenrem)132/Tadulako Mayor Inf Dedy menyatakan, Pangdam XIII/Merdeka mengawali kunker di Kabupaten Poso, didampingi Asisten Intel Kodam XIII/Merdeka Kolonel Inf Eko Prayitno dan Asisten Operasi Kodam XIII/Merdeka Kolonel Inf Putra Widiastawa.

Kedatangan Pangdam XIII/Merdeka dan rombongan di Bandar Udara Kasiguncu Poso, Kamis (05/01/16), disambut Kasrem 132/Tadulako Letkol Inf Adrian Susanto, Kapolda Sulteng Brigjen Pol Drs Rudi Sufahriadi, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu, serta unsur Forkopimda Kabupaten Poso dan pejabat Kolakops Tinombala.

Dedy menegaskan, seperti halnya tamu resmi yang baru pertama kali berkunjung ke wilayah Sintuwu Maroso itu, kedatangan Pangdam XIII/Merdeka dan rombongan juga disambut secara adat setempat, yakni prosesi adat Poso-Pamona Pakawia. Prosesi singkat adat setempat itu antara lain pengalungan rantai pernak-pernik khas Poso, pemasangan topi adat Siga Salempa, serta penyerahan tujuh butir telur ayam kampong, dan satu ekor ayam jantan putih, serta diakhiri dengan meminum air nila yang dikemas dalam bambu.

”Kedatangan Pangdam XIII/Merdeka di Bumi Sintuwu Maroso itu disambut dengan prosesi adat lengkap, seperti menyambut para pembesar atau tamu kehormatan yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Kota Poso,” tandas Dedy.

Sementara itu,Pangdam XIII/Merdeka Mayjen Ganip Warsito melalui pesan berbasis data menyatakan, kunker ke seluruh satuan dalam jajaran Kodam yang dipimpinnya itu memiliki beberapa esensi. Selain perkenalan dan silaturahmi kepada seluruh prajurit dan pimpinan satuan serta pemerintah daerah, layaknya pejabat baru di daerah ini, Pangdam juga melihat dari dekat kondisi satuan, termasuk personel, peralatan, dan sarana-prasarana pendukung lainnya. Pangdam juga ingin mengetahui kondisi umum prajurit dan satuan, terkait dengan pelaksanaan tugas dan kesejahteraan prajurit sesuai kondisi nyata di lapangan.

“Saya kan pejabat dan pimpinan baru di Kodam XIII/Merdeka yang juga baru. Jadi harus memperkenalkan diri dan potensi organisasi kepada seluruh jajaran dan pemerintah daerah serta masyarakat sebagai tuan rumah di teritorial ini,”t andas mantan staf ahli Panglima TNI itu.

Pangdam menambahkan, seluruh hasil pengamatan dan fakta di lapangan pada setiap kunker akan menjadi catatan penting bagi dinamisasi organisasi Kodam XIII/Merdeka dalam berkontribusi aktif terhadap pembangunan dan kesejahteraan prajurit serta seluruh masyarakat di tiga provinsi.[©-ris]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Presiden RI ke Manado, PLN Suluttenggo Diduga Sengaja Padamkan Listrik

Manado, Kedatangan Presiden RI, Joko Widodo dan Ibu negara Iriana Joko Widodo ke Kota Mana…