Home KOTA KOTA MANADO DPRD KOTA MANADO Masuk Komisi D, Makawata Terbentur Tatib

Masuk Komisi D, Makawata Terbentur Tatib

0
0
2,123

Ketua Fraksi PDIP DPRD Kota Manado dr Richard Sualang menugaskan Jonas Ronny Makawata masuk Komisi D. Namun, Tatib DPRD dan PP No 16 mengharuskannya masuk Komisi C, seperti Tonny Rawung yang digantikannya.

CELEBES NEWS – Dilantiknya Jonas Ronny Makawata menjadi anggota DPRD Kota Manado masih menyisakan masalah karena belum jelas komisi yang akan ditempati. Saat dikonfirmasi, Ketua Fraksi PDIP DPRD Kota Manado dr Richard Sualang menegaskan, Jonas Makawata akan menempati Komisi D, Bidang Kesejahteraan Masyarakat (Kesra).

“Kami akan menempatkan Jonas Makawata di Komisi D bersama dengan Markho Tampi. Ini sesuai dengan permintaan yang bersangkutan,” ujar Richard Sualang, yang juga Wakil Ketua DPRD Manado.

Pendapat berbeda disampaikan Ketua Komisi D Apriano Saerang. Menurutnya, masuknya Jonas Makawata di Komisi D tidak tepat. Seharusnya, Makawata masuk ke Komisi C. “Sesuai Tatib DPRD dan PP No 16, anggota dewan yang masuk dengan status Penggantian Antar-Waktu (PAW) harus masuk ke komisi yang sebelumnya ditempati oleh legislator yang diganti. Seharusnya Makawata masuk Komisi C, menggantikan Tonny Rawung, yang digantikannya,” ujar Saerang.

Meskipun begitu, menurut Saerang, Makawata masih bisa masuk ke Komisi D asalkan terlebih dahulu masuk ke Komisi C, sesuai Tatib. “Kami di Komisi D sangat welcome dengan keinginan Jonas Makawata masuk Komisi D, asalkan dia masuk ke Komisi C terlebih dahulu. Meskipun hanya sehari di Komisi C,dia bisa meminta surat penugasan dari Fraksi PDIP untuk ditempatkan di Komisi D. Semua itu perlu dilakukan agar proses yang ada di lembaga Dewan Kota Manado ini berjalan sesuai dengan Tata Tertib,” tandas Saerang. [©-ang]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Hengky Kawalo: DPRD Kota Manado Akan Panggil Holland Village

MANADO, Menyikapi permasalahan Konsumen dengan pihak developer Holland Village, Dewan Perw…