Home CAKRAWALA POLITIK Berjiwa Besar, 2 Paslon Sampaikan Selamat Untuk GSVL-MOR

Berjiwa Besar, 2 Paslon Sampaikan Selamat Untuk GSVL-MOR

0
0
2,029

Dua pasangan calon menyampaikan selamat setelah Mahkamah Konstitusi  secara tidak langsung memenangkan pasangan GSVL-MOR dalam Pilkada Kota Manado, 17 Februari lalu.

CELEBES NEWS –Melalui akun sosial media, Harley Mangindaan mengimbau masyarakat mendukung program-program kepala daerah yang baru, sekaligus memberi ucapan selamat kepada pasangan GS Vicky Lumentut- Mor Bastian (GSVL-MOR) yang akan memimpin Kota Manado. Calon Walikota Manado Hanny Pajouw juga memberikan ucapan yang sama.

Seperti diketahui, Mahkamah Konstitusi (MK) tidak menerima gugatan pasangan Harley Mangindaan- Jemmy Asiku (HM-JA) karena tidak memiliki legal standing sesuai Undang-Undang Pilkada Nomor 8/2015 Pasal 158 ayat (1) dan Pasal 6 Peraturan Mahkamah Konstitusi 1-5 Tahun 2015. Dalam ketentuan itu dijelaskan, provinsi dengan jumlah penduduk sampai dengan dua juta jiwa, pengajuan perselisihan perolehan suara dapat dilakukan jika terdapat perbedaan paling banyak sebesar 2%  dari penetapan hasil penghitungan perolehan suara oleh KPU Provinsi.

Di provinsi dengan jumlah penduduk 2 juta hingga 6 juta, pengajuan perselisihan perolehan suara dilakukan jika terdapat perbedaan paling banyak sebesar 1,5% dari penetapan hasil penghitungan perolehan suara oleh KPU Provinsi.  Untuk Kota  Manado, yang jumlah penduduknya kurang dari dua juta, batas maksimal pengajuan perselisihan adalah 1.006 suara atau 1,5%, sedangkan perbedaan perolehan suara pemohon dan pihak terkait sebesar 6.186 suara atau 9,22%.

Dalam pembacaan amar putusan di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (22/03/16), Hakim Konstitusi Aswanto menyebutkan bahwa selisih perolehan suara antara pemohon dengan pihak terkait melebihi batas maksimal. Gugataan pun tidak diterima sehingga secara tidak langsung MK memutuskan pasangan GSVL-MOR sebagai pemenang dalam Pilkada 17 Februari lalu.

Handri Poae, kuasa hukum pasangan HM-JA menegaskan, gugatan yang dilayangkan pihaknya dinyatakan ‘tidak dapat diterima’ dan bukan ‘ditolak’. “Saya tegaskan, gugatan kami bukan ditolak tapi tidak dapat diterima karena legal standing-nya selisih 1,5%. Sekali lagi, untuk meluruskan saja, gugatan kami bukan ditolak tapi tidak diterima,” tegas Handri.

Pihak HM-JA sebagai pemohon berbesar hati dan menyatakan menerima keputusan tersebut. Bahkan, melalui akun Facebook pribadi, Harley Mangindaan dengan sangat terbuka mengimbau agar masyarakat mendukung program-program kepala daerah yang baru diputuskan MK, sekaligus memberi selamat kepada pasangan GSVL-MOR yang akan memimpin Kota Manado.

Handri menambahkan, MK sebagai lembaga tertinggi dalam pengambilan keputusan hasil Pilkada, sudah membuat keputusan. “Kami sangat menghormati keputusan tersebut,” ungkap Kuasa Hukum HM-JA.

Sikap serupa diperlihatkan Calon Walikota Manado Hanny Pajouw, yang memberikan ucapan selamat kepada pasangan Vicky Lumentut-Mor Bastiaan. “Rencana manusia bagus tapi rancangan Tuhan Paling indah. Penantian selama ini akhirnya terjawab sudah. Banyak selamat kepada Bapak GSV  Lumentut an Bapak MD Bastiaan, sebagai Walikota dan Wakil Walikota Manado yang baru,” tulis Pajouw.

Pajouw juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pendukungnya yang telah bersama-sama berjuang saat Pilkada Manado lalu. “Terima kasih banyak buat para pendukung partai, para simpatisan, dan para relawan yang selama ini terus berjuang bersama kami HjP deng ToRang.” [©-ris]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Golkar Total Dukung Nurdin Halid-Azis Sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan

CELEBES NEWS – Makassar, Ketua Dewan Pembina Partai Golongan Karya (Golkar) Aburizal…