Home DENGAR PALAKAT DENGAR PALAKAT KABUPATEN GORONTALO Festival Jawa-Tondano 2017 Diikuti 4 Daerah Indonesia Timur

Festival Jawa-Tondano 2017 Diikuti 4 Daerah Indonesia Timur

0
0
2,086

Festival Jawa-Tondano digelar setiap tahun dan berpindah-pindah tempat. Tahun ini di Yosonegoro.

CELEBES NEWS-Festival Seni dan Budaya dari etnis Jawa-Tondano (Fesbudjaton) XII tahun 2017 digelar di Yosonegoro, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Ketua Panitia Syahril Djaafara, Kamis (2/3/2017) menyatakan, Fesbudjaton merupakan ajang silaturahmi etnis Jawa-Tondano (Jaton) dari berbagai daerah di Indonesia Timur.
“Pada festival ini, empat daerah di Indonesia Timur, yaitu Ternate, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, dan Gorontalo datang dan berpartisipasi sekaligus bersilaturahmi,” katanya kepada sejumlah media.
Festival Jaton digelar setiap tahun dan berpindah-pindah tempat, seperti di Manado, Kotamobagu dan Gorontalo. “Pada festival tahun ini, kami juga menggelar berbagai jenis lomba, yaitu hadrah tradisional, hadrah kreasi, lomba Salawat Jowo, tarian Dana-dana, lomba pidato bahasa Jaton, dan Dames,” jelas Syahril.
Bupati Nelson Pomalingo, pada pembukaan Fesbudjaton XII menyatakan, etnis Jaton mulai ada di Gorontalo, tepatnya di Desa Yosonegoro sekitar 1900-an, dan hingga saat ini berkembang hingga ke daerah lain. “Ini merupakan kekayaan budaya bangsa kita. Oleh karena itu perlu dipertahankan,” tandas Nelson Pomalingo.
Bupati menjelaskan, dalam membangun Kabupaten Gorontalo, ada tiga pilar, yaitu ilmu agar proses pembangunan dapat terukur, pilar agama agar proses pembangunan terarah, dan pilar budaya yang merupakan jatidiri daerah.
“Beberapa kebijakan yang kami lakukan adalah memberikan ruang dan kesempatan bagi kegiatan kebudayaan, baik Jaton, Gorontalo, maupun lainnya,” ujarnya. [©-ris]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

637 Korban Banjir Masih Memilih Tinggal Di 3 Lokasi Pengungsian

Korban banjir di Kecamatan Tilango dan Talagajaya, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo…