Home CAKRAWALA HUKUM Menteri Batalkan Pemilihan 4 Rektor PTN

Menteri Batalkan Pemilihan 4 Rektor PTN

0
0
2,116

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristek Dikti) membatalkan pemilihan rektor di empat perguruan tinggi negeri (PTN). Menristek Dikti  Prof H Muhammad Nasir, PhD menyatakan, pembatalan dilakukan akibat terjadi pelanggaran sistem pemilihan. Keempat kampus tersebut adalah Universitas Negeri Manado (Unima), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Halu Oleo (UHO), dan Universitas Musamus Merauke (Unmus).

Nasir menyatakan, mekanisme pemilihan rector perlu diperbaiki. “Pemilihan rektor di berbagai perguruan tinggi negeri, yang zaman dulu tidak pernah terjadi permasalahan, sekarang mulai muncul. Karena ada beberapa masalah yang saya lihat, ada yang perlu dilakukan perbaikan,” kata Nasir dalam jumpa pers di Kantor Kemenristek Dikti, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (14/10/16).

Pembatalan pelantikan rector terpilih Unima, Julyeta Paula Runtuwene, dilakukan karena yang bersangkutan terlibat pembelajaran kelas jauh. Aktivitas mengajar jarak jauh ini, menurut Nasir, melanggar UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

“Kalau terjadi seperti itu kami batalkan dengan cara menjatuhkan sanksi kepada rektor terpilih,” kata Nasir.

Di USU, pemilihan rektor diulang akibat sistem pemilihan yang timpang. Seharusnya, satu anggota senat memiliki satu suara, namun yang terjadi satu orang punya lebih dari satu suara. Dengan demikian, pemilihan rektor harus diulang.

“Seharusnya itu kan one man one vote (satu orang satu suara). Tapi justru malah one man, eight atau nine vote. Ini kan jadi masalah? Akhirnya suara mengumpul pada seseorang sehingga terjadi problem,” imbuh Nasir.

Di Universitas Halu Oleo, pemilihan rector dibatalkan karena anggota senat bukan berasal dari pimpinan universitas. Nasir menegaskan, anggota senat haruslah pimpinan universitas, yakni rektor, wakil rektor, dekan, ketua lembaga, dan wakil guru besar.

“Hasil investigasi terakhir ditemukan, bukan hanya tujuh orang yang tidak sah tetapi terdapat 20 orang anggota senat yang tidak sah. Pemilihan rektor UHO baru sampai tahap penjaringan namun kemudian dibatalkan,” beber Nasir.

Terakhir, pemilihan rektor Universitas Musamus Merauke (Unmus) dibatalkan karena persoalan legalitas anggota senat. Proses pemilihan rektor di Unmus masih dalam tahap penyaringan calon rektor. Nasir menjelaskan, pemilihan rektor punya empat tahapan, yakni penjaringan, penyaringan dengan memilih tiga calon rektor pemilik suara terbanyak, pemilihan, dan pelantikan.

“Jadi, yang selama ini kita lakukan itu perbaikan, betul taat pada peraturan yang ditentukan, dan menghasilkan rektor berkualitas. Kita sangat perhatian supaya mutu pendidikan kita makin baik,” ujar Nasir.

CELEBESNEWS

Sumber: detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Menangkan PT. Malisya, PN Kotamobagu Tolak Gugatan 104 Orang Warga Tiberias

KOTAMOBAGU, Pengadilan Negeri Kota Kotamobagu memenangkan pihak Tergugat PT. Malisya Sejah…