Home KOTA KOTA MANADO Jimmy Asiku Tak Hadiri Sidang MK

Jimmy Asiku Tak Hadiri Sidang MK

0
0
2,104

Calon Wakil Walikota Manado Jimmy Asiku tidak menghadiri sidang kedua Mahkamah Konstitusi. Harley Mangindaan hadir seorang diri mengikuti sidang, dengan agenda mendengarkan jawaban termohon, dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dalam sidang di Mahkamah Konstitusi Jakarta, Senin (14/03/16), Ketua Majelis Haklim Anwar Usman, SH langsung membuka persidangan dengan membacakan surat nomor perkara 151/PHP/ Kota -14/ 2016. Komisi Pemilihan Umum (KPU) di bawah pimpinan EJ Paransi hadir dalam persidangan ini.

Sidang dilanjutkan dengan penyerahan alat bukti, yang dibacakan oleh Harry J Tendean sebagai kuasa hukum. Terlihat juga calon wakil walikota terpilih Mor Bastian sebagai pihak terkait, yang didampingi Marthen Manopo selaku ketua tim sukses GSVL – Mor. Mor duduk di deretan kursi depan didampingi  kuasa hokum GSVL-MOR, yakni Utomo Akarim, SH, Rahmat Basuki, SH, Denny Palilingan, SH, Franklin Montolalu, SH dan Percy Lontoh, SH. Pihak termohon (KPU Manado) didampingi pengacara dari Kejari Manado, Harry J. Tendaan dan Eka Nugraha, SH.

Dalam sidang tersebut, pasangan Harley Mangindaan–Jemmy Asiku (AI-JA) melalui kuasa hukum, Handri Poae, SH meminta majelis hakim MK untuk mendengarkan keterangan Panwascam dan Panwaslu Kota Manado, yang ikut hadir dalam sidang tersebut. Permintaan itu diajukan setelah diberi kesempatan majelis hakim, beberapa menit sebelum siding ditutup.

“Mohon maaf majelis hakim yang mulia. Izinkan kami memohon kepada yang mulia majelis hakim konstitusi untuk dapat meminta keterangan pihak Panwascam yang ada di Wanea, Singkil, Paal Dua, Sario dan Mapanget dan Panwas kota yang hadir pada rekapitulasi saat pleno pengesahan proses perhitungan,” kata Poae.

Pihak Panwas yang hadir dalam persidangan dan duduk di deretan kursi tamu, antara lain Ketua Panwaslu Manado Jurike Kaeng, Conny Palar dan Roy Rompis. Namun, permintaan kuasa hokum AI-JA ditolak. “Permohonannya dicatat saja. Ini kan baru permintaan. Tindaklanjutnya nanti tergantung keputusan majelis hakim,” ujar Ketua Majelis Haklim Anwar Usman, SH.

Sidang selanjutnya akan diputuskan majelis hakim MK. “Sidang berikutnnya nanti mendengar panggilan dari majelis hakim MK,” tutup Anwar Usman.

CELEBESNEWS

Sumber: detik.com, JPNN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Sekwan Imbau DPRD segera Kembalikan Kendaraan Dinas

Manado, Jika nantinya belum di kembalikan maka Bisa saja kami akan melakukan penarikan pak…