Home GORONTALO KOTA GORONTALO DPRD KOTA GORONTALO Kota Gorontalo Canangkan Bebas Sampah 2010

Kota Gorontalo Canangkan Bebas Sampah 2010

0
0
2,140

Ketua DPRD Kota Gorontalo Fedriyanto Koniyo meminta Hari Peduli Sampah Nasional dijadikan sebagai momentum untuk membangun kesadaran kolektif tentang pentingnya prinsip 3R.

CELEBES NEWS – Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada 21 Februari diperingati lebih awal di Kota Gorontalo. Di kawasan wisata Tangga 2.000, Minggu (19/2/2017), Ketua DPRD Kota Gorontalo Fedriyanto Koniyo turut menghadiri kegiatan tersebut. Dia menjelaskan, tahun ini Hari Peduli Sampah Nasional dibalut dalam dialog bersama masyarakat.

“Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, saya mengingatkan kepada seluruh masyarakat Kota Gorontalo untuk cerdas dalam menempatkan sampah. Kami sudah menyiapkan tempatnya. Jadi, gunakanlah dengan sebaik mungkin,” jelas Fedriyanto seperti dikutip sejumlah media.

Pemerintah pusat menargetkan Indonesia akan bebas sampah pada 2020. Atas nama wakil rakyat, Fedriyanto mengisyaratkan, Kota Gorontalo juga akan bebas sampah pada tahun yang sama. Dia meminta Hari Peduli Sampah Nasional ini juga dijadikan sebagai momentum untuk membangun kesadaran kolektif tentang pentingnya prinsip 3R (reduce, reuse, dan recycle) dalam pengelolaan sampah.

“Peringatan ini muncul atas ide dan desakan dari sejumlah pihak untuk mengenang peristiwa di TPA Leuwigajah, di mana sampah dapat menjadi mesin pembunuh yang merenggut nyawa lebih dari 100 jiwa,” terangnya.

Menurut Fedriyanto, sampah perlu diatasi sebelum menimbulkan masalah. Setiap tahun, kota-kota di dunia menghasilkan sampah hingga 1,3 miliar ton. Jumlah ini diperkirakan akan meningkat setiap tahun. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan demi menyelamatkan bumi ini, di antaranya dengan gerakan 3R.

Reduce artinya mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah. Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lain. Recycle artinya mengolah kembali atau daur ulang sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat. Saya berharap, dengan kegiatan ini, masyarakat lebih menjaga kebersihan tempat wisata,” tutup Fedriyanto. [©-ris/ton]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Berpotensi Tambah Jumlah Kursi di DPRD Gorontalo

Gorontalo,  Jumlah Kursi DPRD Kota Gorontalo berpotensi bertambah dari sebelumnya han…