Home DENGAR PALAKAT DENGAR PALAKAT MINAHASA UTARA Cuaca Ekstrem, Nelayan Diminta Tidak Melaut

Cuaca Ekstrem, Nelayan Diminta Tidak Melaut

0
0
2,287

Camat Kema Alpret Pusungulaa mengimbau kepada Nelayan agar tidak pergi melaut mengingat cuaca saat ini tidak memungkinkan.

CELEBES NEWS – Camat Kema Alpret Pusungulaa mengimbau nelayan agar tidak pergi melaut mengingat cuaca saat ini tidak memungkinkan. Dia juga mengingatkan warga agar mewaspadai musim hujan.

“Jangan mencari risiko, sebaiknya jangan pergi melaut karena cuaca saat ini tidak bersahabat,” kata Pusungulaa. “Selain nelayan, warga juga harus berhati-hati dengan cuaca saat ini. Bagi yang berada di daerah rawan longsor, sebaiknya mengungsi ke daerah aman. Tetap kita menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Selokan harus diperhatikan agar tidak tersumbat,” jelas mantan camat Likupang Barat ini.

Akibat cuaca ekstrem yang melanda Minahasa Utara beberapa hari terakhir, para nelayan enggan melaut. Handri Kiay, salah seorang nelayan asal Desa KEma II Jaga 9, mengaku tidak berani melaut. “Sudah tiga hari tidak melaut. Lihat saja cuaca saat ini. Hujan begitu deras. Sangat berisiko jika melaut,” ujarnya, Senin (13/2/2017).

Handri menambahkan, dirinya akan melaut bisa dipastikan cuaca aman. “Biasanya saya pergi sore dan pulang subuh. Jika berada di tengah-tengah laut, saya harus selalu melihat cuaca. Saya sudah prediksikan cuaca kalau akan mencari ikan,” kata dia.

Dia menjelaskan, dalam sehari dirinya bersama rekan nelayan pergi melaut bisa mendapatkan hasil memuaskan. “Kalau cuaca bagus. kami banyak dapat ikan dan pendapatan lumayan. Tapi saat ini tidak ada pendapatan karena tidak melaut,” terangnya.

Handri bersama nelayan lain memasok dan menjual ikan kepada penampung. “Biasanya mereka langsung ke Pantai Kema, menimbang dan membeli ikan tangkapan nelayan,” jelasnya. [©-ist/ike]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Wujudkan Kamseltibcarlantas Polres Minut Lakukan Razia Kendaraan

Polres Minahasa Utara (Minut) meningkatkan razia kendaraan di wilayah hukum kepolisian ter…