Home KABUPATEN KABUPATEN KEPULAUAN SIAU PEMKAB KEPULAUAN SIAU Warga Sitaro Ikuti Pesta Adat Tulude 2015

Warga Sitaro Ikuti Pesta Adat Tulude 2015

0
0
2,093

Gubernur Sulut berikan bantuan untuk warga Sitaro saat Menghadiri Tulude 2015.

CELEBES NEWS – Meski diguyur hujan deras, antusias warga Kepulauan Siau Taggulandang Biaro (Sitaro) untuk mengikuti acara adat Tulude 2015 tak pernah surut. Masyarakat yang mendiami Tanah Kanagetang dan Mandolokang Kolo-kolokolo memadati Lapangan Sepakbola Ulu Siau, Selasa (3/2/2015).

Dalam pesta adat tersebut, turut hadir Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Dr.  Sinyo Harry Sarundajang beserta wakilnya, Dr Djouhari Kansil MPd. Gubernur mengajak warga untuk tetap melestarikan nilai-nilai budaya adat Tulude. Pasalnya, Tulude mampu menyatukan seluruh unsure golongan agama di dalamnya serta mengandung multimakna, termasuk ritual keagamaan.

“Sebagai salah satu tradisi budaya asal Nusa Utara, Tulude ini dalam tiga tahun terakhir ini sudah semakin maju karena pelaksanaannya tidak hanya dilakukan warga Nusa Utara di Sulut, melainkan warga Nusa Utara di perantauan,” ujarnya.

Sarundajang mengungkapkan, dirinya beberapa kali diundang oleh warga Nusa Utara. “Saya sudah beberapa kali diundang oleh warga Nusa Utara di berbagai daerah di Tanah Air, yang juga melaksanakan hal yang sama di setiap awal tahun. Ini pertanda bahwa warga Nusa Utara di peratauan semakin sukses,” ungkapnya.

Sarundajang menyebutkan, sebagai salah satu daerah maritim Sitaro kiranya mampu untuk mewujudkan tol laut dan poros maritim dunia yang telah digaungkan oleh Presiden Jokowi. “Daerah ini dinilai memiliki sumberdaya kelautan yang sangat banyak. Ini merupakan satu kekuatan apabila mampu dikembangkan dengan baik untuk menyejahterakan rakyat,” paparnya.

Di sela acara, Gubernur menyerahkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Sulut untuk pengungsi korban bencana Gunung Karangetang, yang terjadi belum lama ini. Bantuan berupa 360 paket, lauk-pauk serta mie instan, kasur, dan selimut masing-masing 50 dus. Juga diserahkan bantuan persediaan antisipasi bencana 170 jenis, beasiswa S2 untuk dua orang masing-masing Rp. 12 juta, rehabilitasi dua gedung SMA, dan 3 SMK sebesar Rp. 900 juta, bantuan untuk wasor TB Dinkes Sitaro, dan satu unit sepeda motor untuk bidang kesehatan.

Selain Gubernur dan Wagub, acara adat Tulude 2015 diikuti Ketua TP PKK Sulut Ny Deetje Sarundajang L Tambuwun bersama Wakil Ny Mieke Kansil Tatengkeng, Forkopimda, serta pejabat Pemprov Sulut.

Gubernur juga menginformasikan bantuan dari berbagai Kementerian TA 2015 seperti sektor perhubungan mencapai Rp. 84,9 miliar, yakni Rp. 6,4 miliar untuk pembangunan fasilitas pelabuhan laut sebanyak 7 paket, pekerjaan lanjutan landasan pacu Bandara Pihise menelan biaya Rp. 67 miliar, dan apron Rp. 5,9 miliar.

Juga ada subsidi angkutan perintis penyeberangan KMP Lokong Banua Lintas Bitung-Tagulandang Rp. 11,4 miliar, KMP Lohoraung Lintas Bitung-Tagulandang, Makalehi, Siau dan Buhias, serta subsidi angkutan perintais laut pangkalan bitung-tahunan. Serta berupa paket bantuan APBD/APBN sebesar Rp. 3,4 miliar dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulut berupa 7 unit paket Katinting Rp. 35 juta, 1 paket rumput laut Rp. 40 juta, peralatan pengolahan pulau Rp20 juta, penguatan kelembagaan pengolahan ekosistem pulau-pulau kecil Rp. 104 juta.  [©-ist]

  • Pemkab Sitaro Lakukan Mutasi Kadisbudpar

    Katiandagho berpindah jabatan, Disbudpar masih memiliki agenda untuk anggaran 2017. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Pemkab Sitaro Lakukan Mutasi Kadisbudpar

Katiandagho berpindah jabatan, Disbudpar masih memiliki agenda untuk anggaran 2017. …