Home DENGAR PALAKAT DENGAR PALAKAT KEPULAUAN SIAU Fenomena Alam Terjadi di Bawah Laut Pulau Siau

Fenomena Alam Terjadi di Bawah Laut Pulau Siau

0
0
2,195

Ledakan di Pulau Siau diprediksi akibat Gunung Api di bawah laut yang masih aktif.

CELEBES NEWS – Fenomena alam terjadi di bawah laut di Kampung Batusenggo, Kecamatan Siau Barat Selatan, Pulau Siau, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara. Akibatnya, ledakan tersebut menyebabkan lubang besar.

Menurut Buyung Mangangue, salah seorang aparat sipil negara di Dinas Pariwisata Sitaro, fenomena alam itu terjadi pada 7 Januari 2017 sekitar 14.00 Wita, sebagaimana dilaporkan warga setempat saat menyaksikan ledakan tersebut. Buyung, yang ikut melakukan penyelaman untuk mencari tahu fenomena tersebut, menceritakan lubang yang disebabkan ledakan terjadi pada kedalaman sekitar 4-5 meter dari permukaan laut saat pasang.

Lubang bekas ledakan di bawah air itu belum terukur kedalamannya. Diameternya sekitar 2,5 meter. Saat dilakukan penyelaman, terasa suhu air sekitarnya hangat. “Nampak beberapa titik dekat lubang mengeluarkan gelembung-gelembung. Dari dalam lubang juga terlihat partikel kecil serupa debu putih yang keluar,” ujar Buyung, Sabtu (14/1/2017).

Sejak kabar itu menyebar, warga Pulau Siau terus berdatangan ke Batusenggo untuk menyaksikan paskaledakan tersebut. Kepala Kampung Batusenggo Eldat Manoi mengatakan, kejadian itu semula diketahui oleh seorang nelayan yang sedang mencari ikan. “Tiba-tiba terjadi semburan dengan suara keras. Dua hari kemudian kami langsung lihat dan memang betul ada lubang,” ujar Eldat.

Sementara itu, lokasi kejadian ledakan berjarak sekitar 150 meter dari tepi pantai dan menyebabkan keretakan karang di bawah air. Belum ada penjelasan secara ilmiah mengenai fenomena alam tersebut.

Pemerhati Pulau Siau Dirno Kagho, yang menulis buku Jejak Leluhur, mengutarakan bahwa hal itu sudah diprediksinya pada buku yang diterbitkannya pada 2016. Dia menduga itu adalah gunung api bawah laut.

Di Pulau Siau terdapat satu gunung berapi yang aktif dan kawahnya terus menyala, yakni Gunung Api Karangetang. Satu dari sekian banyak gunung berapi di Sulawesi Utara ini setiap saat mengalami erupsi dengan intensitas erupsi yang beragam.

Batusenggo tidak jauh dari gunung Api Karangetang. Di Nusa Utara, sebutan untuk wilayah tiga kabupaten kepulauan di bagian Utara provinsi Sulawesi Utara, terdapat satu gunung api bawah laut yang aktif, yakni Mahangetang. [©-ist/ike]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *