Home VIDEO VIDEO BITUNG Taman Laut Nasional Bunaken,. Surga Bawah Laut

Taman Laut Nasional Bunaken,. Surga Bawah Laut

0
0
2,242

 

TAMAN Laut Nasional Bunaken pasti mengundang rasa penasaran para pencinta laut. Setiap wisatawan yang berkunjung ke Manado pasti akan mampir ke Bunaken. Taman seluas 75.265 ha ini memiliki lima pulau, yaitu Pulau Naen, Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Siladen, dan Pulau Mantehage.

Pulau Bunaken termasuk dalam wilayah perairan “Segi Tiga Emas“ yaitu jalur perairan laut yang menghubungkan laut Filipina, laut Papua, dan laut Indonesia. Lebih dari 3.000-an spesies ikan berada di Bunaken. Karena kekayaan alam inilah, organisasi nasional dan internasional non-pemerintah saling bekerja sama menjalankan konservasi terumbu karang dan mangrove.

Pemerintah Kota Manado mempunyai gagasan menjadikan Bunaken sebagai obyek wisata bahari dan wisata edukasi karena melihat aktivitas konservasi alam laut di wilayah ini. Pada 1991, Menteri Kelautan meresmikan Kawasan Pulau Bunaken sebagai Taman Laut Nasional Bunaken.

Di sekeliling Bunaken, ada taman laut yang juga bagian Taman Nasional Kelautan Manado Tua. Bunaken memang salah satu taman laut dengan biodiversitas laut tertinggi dunia. Banyak wisatawan yang datang untuk aktivitas menyelam. Di Bunaken terdapat 40 lokasi penyelaman yang memiliki beraneka ragam terumbu karang dan ikan laut tropis yang indah.

Untuk mencapai Taman Laut Nasional Bunaken, wisatawan dapat menggunakan perahu motor dari Pantai Teluk Manado. Bunaken hanya sekitar 7 mil dari Pelabuhan Manado dan dapat ditempuh sekitar 50 menit menggunakan perahu motor bermesin ganda atau 35 menit dengan speed boat. [©-dari berbagai sumber]

Sumber : Youtube

Upload by : Indonesia.Travel

  • Ini Dia Bandara di Pulau Terluar Indonesia

      Bandara Miangas terletak di Pulau Miangas, salah satu pulau terluar Indonesia di si…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Ormas Adat Minahasa Tolak Fahri Hamzah

Ormas adat yang tergabung Minahasa bersatu melarang Fahri Hamzah menginjakkan kaki di tana…