Home VIDEO VIDEO BOALEMO Pesona Gorontalo, Zamrud Khatulistiwa

Pesona Gorontalo, Zamrud Khatulistiwa

0
0
2,238

Provinsi Gorontalo memiliki kekayaan alam dan budaya khas. Kota Gorontalo, ibukota Provinsi Gorontalo, adalah sebuah kota tua dengan banyak rumah panggung di sepanjang jalan. Gorontalo merupakan kepulauan di utara Pulau Sulawesi. Jika dilihat dari peta dunia, terlintas garis  khatulistiwa. Tak berlebihan jika Kota Gorontalo disebut sebagai zamrud khatulistiwa dengan daya tarik tersendiri.

Masyarakat Gorontalo sangat kental dengan apresiasi dari tradisi budaya dan agama. Warga Gorontalo hidup harmonis dan dalam kehidupan sehari-hari. Kendati terbuka dengan dunia luar namun mereka tetap menjunjung nilai budaya yang telah mengakar.

Bbjek wisata terkenal di Gorontalo adalah Pentadio Resort. Kata Pentadio diambil dari bahasa Gorontalo yang berarti danau pantai. Pentadio Resort terletak di tepi Danau Limboto yang indah dan memesona. Awalnya, 14 hektar telah diresmikan pemerintah Belanda pada 1928, ditandai dengan batu peringatan di sekitar sumber air panas. Sejak itu, masyarakat setempat menjadikan tempat ini sebagai sarana rekreasi dan menyembuhkan berbagai penyakit.

Ada juga Pantai Bolihutuo, yang terletak di Kabupaten Boalemo, sekitar 120km di sebelah barat Kota Gorontalo. Di Kota Gorontalo sendiri juga ada objek wisata pantai: Ria Beach. Namun, Bolihutuo cocok sebagai tempat untuk menenangkan diri dari segala macam hiruk-pikuk perkotaan.

Benteng Danau Limboto Otanaha merupakan warisan bangunan bersejarah sebagai lokasi pariwisata kuno dari masa lalu yang berasal dari suku Gorontalo. Benteng ini dibangun sekitar 1525 di bukit Desa Barat Kota Daerah Dembe I, 8km dari pusat Kota Gorontalo. Untuk mencapai benteng, kita harus menaiki 351 anak tangga atau jalan melingkar dengan kendaraan roda empat dan sepeda motor.

Benteng ini dijadikan tempat perlindungan dan pertahanan Raja Gorontalo ketika melawan Portugis. Karena berada di puncak bukit, dari benteng dapat ini terlihat Danau Limboto Otanaha, yang didekatnya juga terdapat Benteng Ulupahu Otahiya.

Anda juga dapat berkunjung ke Wisata Alam Taman Nasional Bogani Nani Wartabone Gorontalo yang memiliki banyak keistimewaan. Taman Nasional ini memiliki banyak habitat yang sudah hampir punah. Taman Nasional Bogani Nani Wartabone, sebelumnya bernama Dumoga Bone, memiliki berbagai keunikan ekologi sebagai kawasan peralihan geografi daerah Indomalayan di sebelah barat dan Papua-Australia di sebelah timur (Wallaceae Area).Tumbuhan khas dan langka di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone yaitu palem matayangan (Pholidocarpus ihur), kayu hitam (Diospyros celebica), kayu besi (Intsia spp), kayu kuning (Arcangelisia flava), dan bunga bangkai (Amorphophallus companulatus). Tumbuhan yang umum dijumpai adalah Piper aduncum, Trema orientalis, Macaranga sp, cempaka, agathis, kenanga, berbagai macam jenis anggrek, dan tanaman hias.

Taman Nasional Bogani Nani Wartabone memiliki 24 jenis mamalia, 125 jenis aves, 11 jenis reptilia, 2 jenis amfibia, 38 jenis kupu-kupu, 200 jenis kumbang, dan 19 jenis ikan. Sebagian besar satwa di taman nasional ini adalah satwa khas/endemik Sulawes, seperti monyet hitam/yaki (Macaca nigra nigra), monyet dumoga bone (M. nigrescens), tangkasi (Tarsius spectrum spectrum), musang Sulawesi (Macrogalidia musschenbroekii musschenbroekii), anoa besar (Bubalus depressicornis), anoa kecil (B. quarlesi), babirusa (Babyrousa babirussa celebensis), dan berbagai jenis burung. [©-dari berbagai sumber/ton]

Sumber : Youtube

Upload by : Bappeda PROV. GORONTALO

  • BOALEMO SIMPAN POTENSI KEINDAHAN ALAM DAN PANTAI

      Kabupaten Boalemo, Gorontalo memiliki potensi yang sangat besar, yaitu keindahan al…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Kunjungan Kerja Menpan ke Gorontalo Utara Part 3

ASN bukan penguasa tetapi pelayanan rakyat. Kepala daerah dan jajarannya harus berkomitmen…