Home VIDEO VIDEO KEPULAUAN SANGIHE KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE SIMPAN SEJUTA PESONA

KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE SIMPAN SEJUTA PESONA

0
0
2,153

 

Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara berasal dari pemekaran Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Talaud pada 2000. Ibukota kabupaten ini adalah Tahuna. Kabupaten Kepulauan Sangihe terletak di antara Pulau Sulawesi dan Pulau Mindanao  (Filipina) serta berada di bibir Samudera Pasifik.

Sejuta pesona terhampar di kabupaten ini. Di antara banyak gunung berapi, terdapat dua gunung yang berada di perairan cukup dangkal, salah satunya di Pulau Mahengetang. Banua Wuhu, demikian masyarakat setempat menyebut gunung itu, hanya 300 meter dari sisi baratdaya Pulau Mahengetang. Titik kepundan gunung ditandai keluarnya gelembung di antara bebatuan pada kedalaman 8 meter.

Kehidupan biota laut juga tak kalah menarik, koloni terumbu karang yang rapat dan sehat terhampar di kedalaman 10-20 meter. Konon terdapat lorong bawah laut yang tembus dua arah. Masyarakat setempat menyelenggarakan upacara Tulude setiap akhir Januari. Dua minggu sebelum ritual tersebut, seorang tetua adat akan menyelam dengan membawa piring putih berisi emas ke lorong tersebut sebagai persembahan agar Banua Wuhu tidak murka.

Ada pula wisata pantai eksotis di Desa Pananualeng, Tabukan Tengah. Masyarakat menyebutnya Pantai Pasir Putih. Air Terjun Kadadima juga layak disinggahi. Begitu juga Air Terjun Nguralawo di Desa Binala. Dinamakan Nguralawo karena dulu menjadi tempat pemandian para bidadari. [©]

SUMBER : YouTube

UPLOADED BY : Kabupaten Kepulauan Sangihe, 7 September 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Taman Laut Nasional Bunaken,. Surga Bawah Laut

 TAMAN Laut Nasional Bunaken pasti mengundang rasa penasaran para pencinta laut. Seti…