Home VIDEO VIDEO BITUNG Ini Dia Bandara di Pulau Terluar Indonesia

Ini Dia Bandara di Pulau Terluar Indonesia

0
0
2,351

 

Bandara Miangas terletak di Pulau Miangas, salah satu pulau terluar Indonesia di sisi utara.  Menurut Kepala Unit Pengelolaan Bandara Miangas Melonguane Fanani, saat ini Bandara Miangas memiliki panjang runway 1,4 kilometer. Rencananya, runway akan diperpanjang hingga 1,6 kilometer agar pesawat jenis Hercules dapat mendarat di Miangas untuk mengirimkan logistik bagi penduduk Miangas.

Pulau Miangas seluas 210 hektar dihuni sekitar 700 warga atau 300 kepala keluarga. Bandara Miangas sendiri mulai dibangun sejak 2012 dengan target pesawat jenis ATR 72 dapat beroperasi sebelum peresmian bandara pada 13 Oktober 2016.

Bandara Miangas juga mendukung pengiriman tenaga medis dan logistik di pulau terluar ini. Melalui bandara ini, dimungkinkan kunjungan dokter selama sepekan dalam satu bulan.

Setelah tenaga medis untuk melayani kebutuhan kesehatan dan logistik terpenuhi, maskapai penerbangan swasta yang terbiasa menerbangi jalur perintis, seperti Susi Air, juga bisa mendarat di Miangas. Karena penerbangan perintis, tiketnya tentu masih disubsidi pemerintah agar terjangkau warga. Imbasnya, sektor pariwisata di pulau ini akan bergairah.

Miangas memiliki posisinya sangat strategis karena berdekatan dengan Filipina. Namun, selama ini pulau tersebut tidak bisa dijangkau kecuali menggunakan kapal laut yang memakan waktu satu hari perjalanan. Dengan bandara, akses ke Miangas makin mudah karena waktu tempuh sudah terpangkas. [©-dari berbagai sumber]

Sumber : Youtube

Uploader : erci batam

  • Taman Laut Nasional Bunaken,. Surga Bawah Laut

     TAMAN Laut Nasional Bunaken pasti mengundang rasa penasaran para pencinta laut. Seti…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Ormas Adat Minahasa Tolak Fahri Hamzah

Ormas adat yang tergabung Minahasa bersatu melarang Fahri Hamzah menginjakkan kaki di tana…