Home GORONTALO KABUPATEN GORONTALO PEMKAB GORONTALO Kecamatan Telaga & Limboto Target Program Kotaku

Kecamatan Telaga & Limboto Target Program Kotaku

0
0
2,116

14 kelurahan di Kecamatan Limboto dan sembilan desa di Kecamatan Telaga menjadi target Program Kotaku.

CELEBES NEWS-Kecamatan Telaga dan Kecamatan Limboto di Kabupaten Gorontalo menjadi target lokasi program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Gorontalo Erwan Tone dalam diskusi “Penilaian Kota Mandiri” Program Kotaku, Selasa (15/11/2106).

Erwan, yang juga Ketua Tim PKM Kabupaten Gorontalo menjelaskan, Program Kotaku semula bernama Program PNPM Perkotaan. “Kotaku ini difasilitasi pihak konsultan dan hari ini melakukan kegiatan Komunitas Belajar Perkotaan (KBP), sekaligus diskusi tematik untuk melakukan penilaian Kota Mandiri,” jelasnya seperti dikutip situs Pemprov Gorontalo.

Erwan menjelaskan, seluruh 14 kelurahan di Kecamatan Limboto dan sembilan desa di Kecamatan Telaga sudah dibentuk Forum Badan Kesejahteraan Masyarakat (FBKM). Forum tersebut sudah melakukan kegiatan fisik dan ekonomi. Kini, telah dilakukan penilaian di setiap Kotaku.

Kehadiran PKM untuk membantu pemerintah daerah di setiap program yang masuk APBD di setiap SKPD. PKM kemudian menggabungkan usulan masyarakat yang menjadi penyeimbang program yang dilakukan petugas Komunitas Belajar Perkotaan.

“Bukan saja menceritakan program tapi dua poin penting, yakni penurunan/penanggulangan kemiskinan dan penanganan,” jelas Erwan.

Erwan menyatakan, berita acara ditandatangani dan akan diserahkan kepada Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo. Dengan begitu, pimpinan daerah akan mengetahui kegiatan penanganan dan penanggulangan kemiskinan. “Kami juga menyajikan data-data yang sudah ada, yakni desa dan wilayah kumuh di Kecamatan Limboto dan Telaga yang akan di-SK-kan Bupati” katanya.

Sementara terpisah, Kepala Bappeda Lilian Rahman menyatakan, Program Kotaku adalah bentuk upaya pemerintah membangun kemandirian masyarakat dan pemerintah daerah dalam penanganan permukiman kumuh secara berkelanjutan.

“Berdasarkan rencana strategis Kotaku, tahun 2015-2016 subtansi pendampingan program Kotaku memasuki tahap awal. Pendampingan pada tahap awal ini diharapkan mampu menjadikan pemerintah kabupaten /kota sebagai nahkoda penanganan permukiman kumuh sehingga masyarakat secara mandiri siap mendukung pencapaian penanganan permukiman kumuh,” tandasnya. [©-ist]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Pemkab Gorontalo Sediakan Bus Gratis untuk Pelajar-Mahasiswa dan Pekerja

Gorontalo,   Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, menyediakan ena…