Home GORONTALO KABUPATEN GORONTALO PEMKAB GORONTALO Bupati Petakan Kebutuhan Korban Banjir Gorontalo

Bupati Petakan Kebutuhan Korban Banjir Gorontalo

0
1
2,103

Semua pihak bersama-sama menangani masalah banjir. Pemetaan dilakukan secara detil.

CELEBES NEWS – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo meminta seluruh pihak bersama-sama menangani masalah banjir yang terjadi di daerah tersebut. Bupati pun memetakan warga terdampak banjir hingga penanganan bencana, termasuk pascabanjir.
“Pertama yang harus dilakukan adalah memastikan siapa saja warga yang menjadi korban banjir dan harus segera ditangani,” ungkap Bupati Nelson saat memimpin rapat koordinasi tanggap darurat bencana di Ruang Pola Kantor Bupati, Kamis (27/10/2016).
Langkah selanjutnya, menurut Nelson, adalah pemulihan kemudian penanggulangan, yang merupakan langkah jangka panjang. Pada rapat koordinasi tanggap bencana tersebut, Nelson Pomalingo mengundang seluruh pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Balai Wilayah Sungai, Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Gorontalo, perwakilan Hutan Tani Industri (HTI) serta dua perusahaan, masing-masing PG Tolangohula dan PT Palma Group.
Dalam pertemuan tersebut, setiap pihak menyampaikan program-program yang akan ditempuh dalam rangka antisipasi dan menekan risiko bencana, termasuk upaya pemulihan banjir.
“Pada tahun 2017, saya meminta agar 10 persen Dana Desa dapat digunakan untuk pemulihan lingkungan tentunya penanaman tanaman keras yang produktif sehingga bisa mengatasi masalah lingkungan secara ekologi dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa,” katanya seperti dikutip situs Pemprov Gorontalo.
Sementara itu, Mansir Mudeng, perwakilan Hutan Tanaman Industri (HTI) saat hadir dalam rapat tersebut menyatakan, pihaknya siap masuk tim penanganan banjir. “HTI punya banyak cadangan bibit tanaman dan siap dalam gerakan menanam. Kami juga menyiapkan dua mobil tangki untuk suplai air dan membantu melakukan pengerukan sungai penyebab banjir,” katanya. [©-ist]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Pemkab Gorontalo Sediakan Bus Gratis untuk Pelajar-Mahasiswa dan Pekerja

Gorontalo,   Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, menyediakan ena…