Home KABUPATEN KABUPATEN BOLMONG SELATAN DPRD BOLMONG SELATAN DPRD Seharusnya Dilengkapi Staf Ahli di Tiap Fraksi

DPRD Seharusnya Dilengkapi Staf Ahli di Tiap Fraksi

0
0
2,371

Staf ahli DPRD seharusnya hanya fokus di sekretariat, bukan pada fraksi lembaga legislatif.

CELEBES NEWS – Staf ahli di DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Selatan Ibrahim Podomi mendorong lembaga legislatif untuk mengangkat seorang tenaga ahli di setiap fraksi. Staf ahli DPRD lebih fokus di sekretariat, bukan di fraksi.

Usulan ini disampaikan mengingat hamper seluruh urusan fraksi saat ini dibebankan kepada staf ahli DPRD. “Mengacu pada paradigma baru, ketika Undang-Undang Nomor 27 tahun 2009 ditetapkan, memberikan ruang bagi DPRD untuk mengangkat staf ahli dalam lembaga itu. Sebagai turunan dari undang-undang itu, dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 tahun 2010 dijelaskan, setiap  fraksi di DPRD bisa dibantu oleh seorang orang tenaga ahli,” ujarnya, Senin (18/7/2016).

Dia menjelaskan, dalam Pasal 117 ayat 1 dan 2 Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2010, kelompok pakar atau tenaga ahli dapat berjumlah paling banyak, sesuai dengan alat kelengkapan DPRD. “Ini tentu membuka ruang bagi DPRD Bolsel untuk bisa mengangkat lagi staf ahli fraksi sehingga tugas kami lebih ringan dalam membantu DPRD,” terangnya.

Realitas yang ada, lanjut Ibrahim, saat ini seluruh tugas DPRD, terlebih dalam hal urusan fraksi, kerap dibebankan kepada staf ahli DPRD. “Harusnya kami yang ada di staf ahli DPRD hanya fokus pada kerja-kerja di sekretariat, bukan pada fraksi yang ada dalam lembaga ini,” tegasnya. [©-ist/ike]

  • Jalan Rusak, DPRD Bolsel Kritik Pemprov Sulut

    Anggaran untuk memperbaiki jalan yang rusak sudah harus dialokasikan. DPRD Bolsel menilai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Jalan Rusak, DPRD Bolsel Kritik Pemprov Sulut

Anggaran untuk memperbaiki jalan yang rusak sudah harus dialokasikan. DPRD Bolsel menilai …