Home KAWANUA KAWANUA GORONTALO UTARA Desa Molingkopoto Raih Penghargaan Desa Terbaik

Desa Molingkopoto Raih Penghargaan Desa Terbaik

0
0
2,127

Memiliki sistem administrasi dengan baik, Desa Molingkopoto kelola dana desa untuk kebutuhan kegiatan warga.

CELEBES NEWS – Desa Molingkopoto Selatan, Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), menjadi salah satu desa terbaik pada 2015 di Kabupaten tersebut. Menurut Bupati Gorut Indra Yasin, alasan terpilihnya Desa Molingkopoto sebagai desa terbaik karena memiliki penataan sistem administrasi dengan baik. Untuk itu, desa tersebut meraih penghargaan dari Pemerintah Daerah Gorontalo Utara.

“Sistem administrasinya sudah tertata dengan bagus dengan pegawai-pegawainya juga sudah ada,” kata Bupati di Kantor Bupati Gorontalo Utara, Selasa (3/5/2016).

Kepala Desa Molingkopoto, Alfian Uno mengaku senang dan bangga atas prestasi yang diraih desanya tersebut. “Saya tidak menyangka, tapi akan terus mengupayakan agar prestasi tersebut bertahan di desa kami,” ungkap Alfian.

Alfian menjelaskan, untuk Dana Desa tahun 2015, desanya mendapat anggaran Rp 200 juta lebih. Atas musyawarah warga, dana tersebut digunakan untuk beberapa kegiatan.

“Pembanguanan jalan tani seperti ladang dan sawah. Mayoritas di desa ini penduduknya bertani. Terus untuk membangun Akses jalan rabat beton sepanjang 140 meter. Pembangunan untuk irigasi dan melaksanakan pelatihan petani yakni untuk petani lahan basah dan lahan kering,” jelasnya.

Sementara, anggaran dana desa tahun 2016, kata dia, sangat menggembirakan. Di Kabupaten Gorontalo Utara, dana desa di 13 desa sudah cair termasuk di Desa Molingkopoto. “Untuk tahun 2016, anggarannya Rp 600 juta lebih. Tapi saat ini sudah cair sekitar Rp 350 juta,” ucapnya.

Dia menambahkan, dana tersebut pun akan dilanjutkan dengan pembangunan beberapa kebutuhan warganya. “Kegiatan lanjutan jalan tani, kegiatan Posyandu. Sebelumnya Posyandu di kantor desa,” ungkapnya. [©-ist]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

2 ASN Daftar Jadi Calon Bupati Gorut

Dari lima bakal calon yang mendaftar, dua di antaranya berstatus ASN. Bakal calon lain ada…