Home KAWANUA KAWANUA KEPULAUAN TALAUD Kanker Serviks Urutan Kedua Setelah Kanker Payudara

Kanker Serviks Urutan Kedua Setelah Kanker Payudara

0
0
2,236

Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip SE melakukan sosialisasi bahaya kanker serviks.

CELEBES NEWS – Kanker serviks menempati urutan kedua penyakit berbahaya bagi perempuan setelah kanker payudara. DI Kepulauan Talaud, sudah tujuh kasus teridentifikasi. Hal ini disampaikan Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip SE dalam pembinaan dan peningkatan kapasitas gender di Aula Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah, Jumat (05/11/2015).

Kegiatan yang disponsori Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Kepulauan Talaud bersama BKKBN dan Pemberdayaan Perempuan Kab Kepulauan Talaud ini mengusung tema Sosialisasi Bahaya Kanker Serviks dengan pembicara Bupati Sri Wahyumi Maria Manalip SE dan dr Rita Peginusa SpOG, yang membawakan materi seputar kanker serviks, skrining, diagnose, dan penetalaksanaan.

Sosialisasi tersebut diikuti oleh sekitar 250 peserta, terdiri atas perwakilan-perwakilan organisasi DWP Kabupaten Kepulauan Talaud, organisasi wanita keagamaan, Persit, Adhiaksa Dharma Karni, Wanita Bhayangkari, Jelasenastri, DWP instansi vertikal, DWP SKPD, dan DWP Kecamatan se-Kabupaten Kepulauan Talaud.

Sebelum memaparkan materi di hadapan ratusan peserta, Bupati membuka secara resmi kegiatan ini. Dalam sambutannya, Bupati mengingatkan bahwa Dharma Wanita pada hakikatnya adalah mitra kerja pemerintah.

“Sebagai mitra kerja pemerintah, Dharma Wanita tentu memiliki peran yang sangat strategis dalam pembangunan, apalagi dalam mendukung pelaksanaan tugas suami sebagai pegawai aparatur sipil negara. Keberhasilan tugas dan pekerjaan suami sangat ditentukan oleh dukungan dari para istri,” tandas Bupati.

Untuk menunjang keberhasilan dan kesuksesan, dibutuhkan kondisi dan derajat kesehatan yang baik. Oleh karena itu, perlu dilaksanakan sosialisasi agar para ibu anggota Dharma Wanita dapat menjadi motor dalam memberikan pemahaman dan kesadaran terhadap masyarakat luas tentang betapa pentingnya menjaga kesehatan.

“Saya ingatkan, bahaya kanker serviks menempati urutan kedua setelah kanker payudara. Sudah tujuh kasus teridentifikasi di Talaud. Jadi diimbau agar masyarakat waspada,” tutup Bupati. [©-ris/ton]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ikut Penjaringan BalonKada, E2L Siap Bertarung Di Talaud

E2L merupakan sosok yang mau berbakti dan mempunyai keinginan untuk memajukan dan mensejah…