Home KABUPATEN KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD PEMKAB KEPULAUAN TALAUD Pemkab Segera Patenkan Batu Akik Talaud

Pemkab Segera Patenkan Batu Akik Talaud

0
0
2,362

Akik produk asli Talaud bisa dijadikan souvenir dan dibagikan kepada semua tamu-tamu daerah serta dijual resmi.

CELEBES NEWS – Seusai memimpin pembayaran ganti-rugi sebagai kompensasi pembebasan lahan jalan nasional di Desa Tarun dan Tarun Selatan, Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip SE menyempatkan diri melihat langsung pengrajin batu akik di Desa Tarun. Bupati berdialog lama dengan pengrajin batu akik.

Banyak hal yang didiskusikan dalam kunjungan Selasa (16/5)2015) tersebut. Misalnya jenis batu akik khas Talaud, lokasi batu akik, cara pembuatan, dan permasalahan yang dihadapi selama ini. “Ternyata batu akik di Talaud ini bagus-bagus ya? Dari semua jenis bongkahan ini, coba lihat mana yang bisa dijadikan batu akik khas Talaud? Dari mana saja kalian dapat batu ini? Coba sampaikan apa yang menjadi permasalahan kalian. Kita akan pecahkan bersama,” ujar Manalip.

Bupati energik itu terus memotivasi para pengrajin batu akik. “Coba kalian buat yang bagus nanti Pemkab akan patenkan menjadi produk asli Talaud. Kalau memungkinkan bisa kita jadikan souvenir khas Talaud dan dibagikan kepada semua tamu-tamu daerah serta dijual resmi. Dinas Perindag, Koperasi, dan UKM harus mendampingi usaha ini. Secepatnya adakan peralatan pembuatan batu akik dan berikan modal usaha buat mereka,” tandasnya.

Ronny, pengrajin batu akik asal Tarun, mengaku kaget dengan kunjungan ini. Dia mengaku kurang lebih 200-250 akik yang sudah dibuat dan dijual. ” Semua bongkahan batu ini asal Talaud, tidak ada yang berasal dari luar daerah. Ada empat jenis batu akik yang bisa dipatenkan, yaitu jenis madu, atlas, tarine dan batik. Sayang, modal kami kecil. Padahal kalau batu akik ini dipoles lagi dengan serbuk intan, saya jamin batu akik Talaud tidak kalah dengan batu dari luar,” ujar Ronny.

Bupati langsung minta dibuatkan batu akik jenis madu, atlas, tarine dan batik  untuk bisa diperlihatkan kepada tamu-tamu daerah. [©-ris/ton]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Mendagri Berhentikan Bupati Kabupaten Talaud

MANADO, Menteri Dalam Negeri memberhentikan sementara Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyuni …